Publik Ngarep Megawati Soekarnoputri Umumkan Capres PDIP: Urusan Gue

Megawati-soekarnoputri8.jpg
(YouTube PDIP)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Megawati Soekarnoputri menyentil pihak yang belakangan ini menebak-nebak sosok kandidat calon presiden pilihannya untuk pemilu mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua Umum PDI Perjuangan itu ketika memberikan pidato di HUT ke-50 PDIP pada Selasa, 10 Januari 2024.

Megawati mulanya menyampaikan dirinya tak mengundang partai politik lain di HUT PDIP karena hendak melakukan konsolidasi rumah tangga, karena tampaknya begitu heboh dengan pilihannya terhadap capres.

Mantan Presiden RI itu mengaku heran ketika mendapatkan informasi dari Sekjen PDIP Hasto Kristianto, bahwa media yang mendaftar untuk meliput acara ulang tahun partai berlogo banteng itu ada sekitar 150, baik dari dalam maupun luar negeri.

Sehubungan dengan hal tersebut, Megawati lalu menyindir soal pengumuman calon presiden yang ditunggu banyak pihak.

"Saya kaget, yo ngopo to yo orang ini sebetulnya acara ceremonial 50 tahun gitu. Karena ini yang ditunggu-tunggu, kalau orang main taruhan udah masang 'sing arep diumumke ibu sopo' (yang akan diumumkan ibu siapa)," kata Megawati dilihat Suara.com dari tayangan KOMPAS TV, Selasa (10/01/2023).



Ucapan Megawati itu seketika disanmbut tepuk tangan riuh dari para kader yang hadir di lokasi. Lalu Megawati bercanda dan ikut tertawa terkekeh, bahkan Jokowi pun terlihat tersenyum lebar.

Megawati kemudian ikut menyentil para kadernya yang tepuk tangan secara riuh, bahwa dia tegas tak tergoda untuk mengumumkan capres PDIP.

"Ya ntar dulu. Emangnya aku, situ tepuk tangan terus aku tergiur untuk mengumumkan? Enggak hehe," tegas Megawati seraya terkekeh.

"Ya dong kan mesti keren. Kan saya Ketua Umum terpilih di Kongres Partai sebagai Intitusi Tinggi Partai, maka oleh Kongres Partai diberikanlah Ketua Umum Partai hak prerogatif untuk menentukan siapa yang akan dicalonkan. Eeee ora ngono kok saiki (nggak begitu kok sekarang) nungguin. Gak ada!" guyon Megawati.

Setelah itu, Megawati mengibas-ibaskan kertas pidato ke arahnya dan menegaskan bahwa masalah capres adalah urusannya.

"Urusan gue," ucap Megawati santai sambil tepuk tangan bersama kader-kader PDIP.

Megawati bahkan secara blak-blakan menyinggung terkait tebak-tebakan capres PDIP yang selalu berkaitan dengan dua nama, Puan Maharani dan Ganjar Pranowo.

Menurutnya, tebak-tebakan berpolitik saat ini sungguh lucu dan menyindir pihak yang mengurusinya seakan tak memiliki kader sendiri.

"Gile enak aja, aku mung liatin aku bilang mau mbak Puan atau mas... Lucu ya orang berpolitik sekarang ya, jangan deh niruin. Kok kayak gitu ya, gimana sih maunya. Emangnya nggak punya kader sendiri?" sindir Megawati.

Lagi-lagi ucapan Megawati disambut tawa dan tepuk tangan kencang dari kader. Megawati lalu meminta tepuk tangan tersebut lebih keras dikutip dari suara.com