Pasha Ungu Gagal Berlaga di Pilkada Sulteng karena Minim Parpol Pengusung

Sigit-Purnomo-Syamsuddin-Said.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, KENDARI-Sigit Purnomo Said atau Pasha 'Ungu' gagal berlaga di Pilkada.

Tak hanya Pasha, Aldi Taher juga gagal mengantongi tiket pemilihan gubernur Sulawesi Tengah.

Dirangkum detikcom, Pendaftaran bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) telah ditutup.

Ada 2 bakal pasangan calon yang telah resmi mendaftar.

Dua bakal pasangan calon yang telah resmi mendaftar ini bukanlah Pasha Ungu maupun Aldi Taher.

Mereka adalah Rusdi Mastura berpasangan dengan Ma'mun Amir dan Hidayat Lamakarate-Bartholomeus Tandigala.

Rusdi dan Ma'mun diusung 10 partai politik. Parpol tersebut yakni PAN, Hanura, Partai Garuda, PKB, Perindo, Golkar, NasDem, PKS, PPP dan PRD.

Sementara Hidayat dan Bartho diusung 2 partai saja.

2 partai itu yakni Gerindra dan PDI Perjuangan yang memiliki 12 kursi di DPRD Sulawesi Tengah. Selain itu, pasangan ini juga didukung Partai Berkarya, Partai Bulan Bintang (PBB) dan PSI.

Dengan demikian, Pasha 'Ungu' dan Aldi Taher gagal maju Pilgub Sulteng. 2 artis itu tak bisa ikut pertarungan di Pilkada 2020 lantaran nihil partai yang mengusung.

Pasha mulanya hendak diusung Partai Demokrat. Demokrat kekurangan 2 kursi di DPRD Sulteng untuk mengusung Anwar Hafid dan Pasha.

Untuk diketahui, untuk mengusung pasangan calon, parpol pengusung harus memiliki 9 kursi di DPRD.

Sedangkan, parpol pengusung Anwar Hafid-Pasha Ungu hanya memiliki 7 kursi yaitu, Demokrat 4 kursi, PAN 2 kursi, dan PPP 1 kursi.

Sementara itu, Aldi Taher gagal karena tidak mengantongi cukup dukungan untuk menjadi calon independen.

Aldi Taher sebelumnya menyatakan akan maju sebagai calon Wakil Gubernur Sulteng pasca gagal di Pilkada Sumbar. Aldi Taher mengaku akan maju berpasangan dengan Rusli Dg. Palabbi.

"Kenapa pindah? Karena dipinang sama bapak Rusli Dg. Palabbi yang menjabat sebagai wakil gubernur sekarang. Ya manusia hanya berencana, Allah yang menentukan. Alhamdulillah Aldi dipinang, jadi insyaallah kita sama-sama ikhtiar ini bersama bro Pasha," ujar Aldi Taher kepada detikcom, Minggu (19/7).

Aldi Taher sempat optimistis akan lolos di Pilgub Sulteng. "Aldi intinya bismillah, ibu sudah merestui. Tapi yang pertama Aldi harus pinang dulu nih calon istri, soalnya kalau nggak dipinang anyep lagi pas Pilkada pas kampanye," tutur Aldi Taher.

Artikel ini sudah terbit di Detik.com