Tutorial Cuci Tangan Ala Keraton Yogyakarta Cegah Penyebaran Covid-19

Tarian-Cuci-tangan-ala-keraton-jogja.jpg
(Youtube Kraton Jogja)

RIAU ONLINE, YOGYAKARTA-Kraton Jogja punya cara tersendiri dalam mengkampanyekan cara hidup sehat dengan tutorial cuci tangan ini. Pasalnya di Jogja kini ada sebanyak 6 pasien di Jogja yang positif corona dan 98 pasien dalam status Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Salah satu cara yang diupayakan untuk memutus wabah corona selain melakukan social distancing yakni dengan melakukan pola hidup sehat. Salah satunya dengan membiasakan mencuci tangan secara tepat.

Nah, Jika para milenials kekinian akrab dengan tutorial mencuci tangan secara tepat lewat aksi TikTok. 

Bertepatan dengan momentum Tingalan Jumenengan Dalem atau Ultah Kenaikan Takhta Sri Sultan Hamengku Buwono X, Kraton Yogyakarta menampilkan tarian beksan nir corona.

Seperti dikutip dari akun Youtube Kraton Jogja, tarian tradisi kraton ini dimodifikasi sedemikian rupa dengan gerakan-gerakan cuci tangan yang tepat sesuai anjuran WHO.


Gerakan tari yang dibagikan untuk kemudian dilombakan dalam rangka Tingalan Jumenengan Dalem ke-32 ini pun mendapat banyak pujian dari netizen.

"Keraton Jogja: Tutorial cuci tangan pake hand sanitizer dengan tarian, Salute," kata Mr Man.

"Aku takjub. Budaya Jawa khususnya Jogja itu kerasa kental sekali," kata Obi William Despenta.


"Baru aja kemaren sempet kepikiran bikin karya dari tarian tentang antisipasi corona, eh kraton udah duluan dan inspiring banget wkwkwkwk salut," puji Ilham Risqi Rajasa.

"Ketika lu pengen kebal corona dengan kearifan Jawa," kata Kumaha Daman Hayang Modol.

Artikel ini sudah terbit di Suara.com