Saat Jokowi dan Prabowo Memperebutkan Yenny Demi Nahdliyin

Yenny-Wahid.jpg
(Tempo)

RIAUONLINE, JAKARTA - Puteri mendiang Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid alias Yenny Wahid kini menjadi rebutan dua kubu.

Nama Yenny kini diperebutkan baik oleh pasangan bakal Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga maupun Joko Widodo - Maruf Amin.

Dikutip dari Suara.com, pengamat politik dari Universitas Indonesia Ade Reza Haryadi menilai, sosok Yenny Wahid mampu menjadi penarik suara atau vote getter dalam Pemilihan Presiden 2019 nanti.

Ade menilai sosok Yenny Wahid berpengaruh di kalangan Nahdliyin, warga Nadhatul Ulama (NU). Karena alasan itulah kemudian Yenny diharapkan bisa menarik suara dari kalangan loyalis Gus Dur di luar PKB dan PPP.

"Yenny Wahid dapat menjadi saluran alternatif bagi loyalis Gus Dur dalam merespon Pilpres 2019. Situasi ini menjadikan posisi Yenny Wahid cukup strategis sebagai vote getter untuk menarik dukungan dari segmen tersebut," kata Ade, Rabu 12 September 2018.

Menurut Ade, apabila Yenny memilih untuk bergabung bersama Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi - Maruf Amin, maka posisi Yenny dapat mendongkrak suara dukungan warga Nahdliyin terhadap pasangan tersebut.

"Hal ini mengingat sebelumnya Yenny Wahid justru mendukung Mahfud MD yang sempat digadang sebagai Cawapres Jokowi," ujarnya.

Sementara, apabila Yenny malah memilih untuk bergabung kepada TKN Prabowo - Sandiaga, perannya Yenny tentu dapat menarik suara warga Nahdliyin yang kini masih sepakat mendukung Jokowi - Maruf Amin.

"Sementara itu, bagi koalisi Prabowo-Sandi, jika berhasil menarik Yenny Wahid, akan menjadi jalan untuk meraih suara dari warga Nahdliyin yang selama ini diklaim oleh PKB dan PPP akan memberikan suara keseluruhan ke koalisi Jokowi - Maruf Amin," pungkasnya.

Tulisan ini sudah tayang di Suara.com dengan judul "Yenny Wahid Diperebutkan Jokowi - Prabowo Demi Suara Gusdurian"

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id