Panglima TNI Ungkap 3 Ancaman yang Akan Dihadapi Indonesia

Panglima-TNI-Marsekal-Hadi-Tjahjanto.jpg
(TRIBUNNEWS)

RIAU ONLINE - Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan tiga ancaman yang akan dihadapi Indonesia, bahkan dunia di era digitalisasi dan globalisasi di dunia.

Marsekal Hadi Tjahjanto menyebutkan ancaman pertama untuk Indonesia adalah cyber crime atau kejatahan dunia maya yang merajalela.

"Permasalahan kecil saja dipelintir dimasukkan ke sosial media dan menjadi persoalan karena dimanfaatkan segelintir orang untuk hal yang tidak baik," kata Marsekal Hadi, dilansir dari Okezone.com, Sabtu, 24 Februari 2018.

Kedua, adalah ancaman biologis trap, mengingat wabah penyakit yang terjadi di Indonesia seperti Difteri dan Campak bisa jadi merupakan virus yang sengaja diciptakan dan disebarkan oleh manusia.

"Meski itu proses alami. Tapi kita harus berpikir juga virus itu bisa diciptakan dan dikembangkan supaya membuat orang sakit dan meninggal dunia," kata dia.

Sedangkan ancaman ketiga, tegasnya, adalah masalah kesenjangan yang nyatanya dihadapi Indonesia. Kemajuan teknologi membuat setiap pihak berlomba untuk menguasai masing-masing teknologi.

Menurutnya, siapa pun yang menguasai teknologi akan mampu berbuat apapun termasuk menghasilkan energi terbarukan yang melimpah. Negara yang tak mampu menguasai teknologi akan menjadi negara miskin.

"Di sana terjadilah kesenjangan, ketimpangan yang akan menimbulkan kapitalisasi, serta munculnya radikalisasi," ujarnya.

Ketiga ancaman itu, kata Marsekal Hadi, dapat ditangkal jika generasi penerus menghasilkan insan-insan mudan yang cerdas sebagai pusat peradaban keilmuan.

Terlebih Indonesia sudah mencanangkan tahun 2045 menjadi generasi cerdas, maka menyiapkan generasi muda dengan ilmu pengetahuan dan teknologi serta penguasaan agama menjadi mutlak dilakukan.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id