Detasemen Harimau, Pasukan Khusus Indonesia Paling Misterius

ILUSTRASI-Denjaka-TNI-AL.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Indonesia mempunyai banyak sekali pasukan khusus yang ditugaskan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bahkan, hampir setiap satuan militer baik TNI maupun Polri memiliki satuan yang sangat ahli berperang, diantaranya Dentasemen 88, Koppasus, Paskhas, dan lain sebagainya.

 

Tapi tahukah Anda, Indonesia juga memiliki pasukan khusus yang sangat rahasia. Bahkan, anggota dari pasukan tersebut hingga kini masih menjadi misteri.

 

Selama ini desas-desus terkait adanya pasukan khusus paling elit di Indonesia ini disebut sebagai kabar burung saja. Sebab, tidak ada bukti yang menunjukkan eksistensi dari pasukan yang dinamakan Dentasemen Harimau. Meski demikian tak sedikit pula yang meyakini bahwa pasukan ini benar-benar ada dan dibentuk pada 1986.

 

Pasukan ini dibentuk oleh Jenderal L.B Moerdhani saat dua tahun sebelum menjabat Panglima TNI. Dentasemen Harimau beranggotakan prajurit-prajurit hebat dari TNI AD, AL, AU dan Polri dengan seleksi ketat.

Baca Juga: Inilah Pasukan TNI Penjaga Perdamaian Dunia

 

Dentasemen Harimau dibentuk untuk tugas khusus menanggulangi teror-teror yang masuk ke Indonesia dan mengawal Presiden meski tidak terafiliasi dengan Paspampres. Dentasemen harimau juga dipersiapkan untuk misi lapangan rahasia, sebab itu mereka dituntut memiliki kemampuan bertarung tingkaat tinggi, bahkan tak semua pasukan TNI dan Polri memilikinya.

 


Misi utama Dentamsemen Harimau yang dikenal dengan Den Harin ini adalah melindungi NKRI. ika ada isu serangan, tindakan makar, dan hal-hal negatif lainnya, Den Harin akan datang secara diam-diam dan meringkusnya. Kemampuan perang dari Den Harin mungkin setingkat dengan pasukan pembunuh milik Amerika bernama Phoenix Raven.

 

Den Harin harus memiliki kemampuan kombatan atau bertarung dan nonkombatan. Prajurit pasukan ini dituntut untuk mampu menghadapi pertarungan sangat sengit dengan cekatan dan cerdas. Mereka harus memiliki sikap pemberani dan loyalitas tinggi pada NKRI.

 

Sebuah data yang beredar menyebutkan bahwa pasukan misterius ini memiliki code name yang berbeda-beda, di antaranya anggota dari Angkatan Darat ada yang bernama Puma dan Tiger. Sementara itu anggota dari POLRI bernama Phyton dan Viper.

Klik Juga: Begini Cara Kopassus Taklukkan Tentara Israel dalam Pembebasan Bocah Libanon

 

Pasukan khusus ini mendapatkan sokongan dana dari Pemerintah Indonesia melalui TNI, Anggaran pribadi Presiden Soeharto yang saat itu masih menjabat, dan beberapa Jenderal besar serta konglomerat Tionghoa yang dikenal sangat nasionalis. Semua dana akan dikumpulkan untuk latihan, persenjataan, dan misi-misi penting.

 

Pada 1995, Den Harin terpaksa secara resmi setelah 9 tahun mengabdi pada Indonesia dan dianggap Purnatugas. Pembubaran Den Harin yang secara tiba-tiba disinyalir berkaitan dengan adanya misi untuk menggulingkan Presiden Soeharto. Mengetahui hal buruk yang akan mengenainya, presiden memerintahkan pasukan ini dibubarkan.

 

Setelah bubar identitas para prajurit Den Harin tetap dirahasiakan, bahkan hingga saat ini. Meski demikian, mantan anggota Den Harin diberi kebebasan untuk melakukan tindakan-tindakan rahasia hingga melakukan pembunuhan pada terduga pengganggu negara.

Lihat Juga: Inilah Pasukan Elit Indonesia yang Mematikan dan Dilupakan

 

Pada 1999, satuan ini dikabarkan dibentuk kembali meski tidak diketahui siapa yang melakukannya, begitu pula dengan maksud dan tujuannya menjadi rahasia.

 

Inilah misteri Dentasemen Harimau atau Den Harin yang merupakan pasukan khusus paling rahasia yang dimiliki oleh Indonesia. Benar atau tidaknya pasukan ini tidak ada yang tahu.

 


Sumber: BOOMBASTIS.com