Aktual, Independen dan Terpercaya


Kembali, Jokowi Berjanji 2 Pekan Api Padam

Jokowi-di-Rimbo-Panjang.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ZUHDY FEBRIYANTO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Presiden Joko Widodo tampaknya tak puas hanya sekali saja berjanji padamkan api kebakaran hutan dan lahan di Riau paling lambat dua pekan mendatang. Kali ini, kembali Jokowi berjanji asap di Sumatera akan padam dalam waktu dua pekan mendatang.

 

Janji tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo saat berkunjung melihat-lihat sisa-sisa kebakaran lahan gambut di daerah Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Jumat (9/10/2015). (Lihat Juga: Jokowi Datang, Warga Pingsan Diinjak-injak Polisi)

 

"Dalam seminggu ini kita akan fokuskan pemadaman api di Sumsel karena asap Sumatera termasuk Riau kan kiriman dari sana," ujarnya kepada para jurnalis saat melihat-lihat lahan bekas terbakar, Jumat sore.

 

Tak hanya itu, Jokowi juga berjanji asap di Pulau Sumatera akan padam dalam waktu 2 minggu ke depan. (Baca Juga: Jokowi Jangan Cuma Selfie di Rimbo Panjang

 

"Tadi Menkopolhukam dan Kepala BNPB mengatakan kepada saya, pemadaman titik api di Sumsel itu paling lama 2 minggu. Mereka sekarang di Palembang juga meninjau lokasi. Untung-untung kalau sebelum 2 minggu sudah selesai," harapnya.

 

Lulusan Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada ini mengatakan, telah mengerahkan segala kemampuan dimiliki guna padamkan api baik di Pulau Kalimantan dan Sumatera. (Klik Juga: Pak Jokowi Jan Lupo Lopek Bugi

 

Dalam kunjungan kerjanya ke Riau, selain melihat-lihat sisa-sisa kebakaran lahan, Jokowi juga membagi-bagikan Kartu Sakti Indonesia Sehat. Tak hanya itu, aksi unjuk rasa enam mahasiswa di depan Balai Bupati meminta ditangkapnya Bupati Ka par Jefri Noer, berujung pada diinjak-injaknya seorang mahasiswa UIN Suska bernama Fadli.

 

Ia terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangkinang usai baku hantam dengan anggota Dalmas Polres Kampar. Selain itu, aksi lihat-lihat Jokowi ke bekas lahan gambut yang terbakar, membuat pemerintah daerah kalang kabut membuat embung dan pelebaran kanal di lokasi lahan bekas kebakaran akan ditinjau oleh Presiden Joko Widodo. (Baca: Meme Piye Kabare Zamanku? Banyak Asap Toh

 

Tahun lalu, 2014, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga mengunjungi kawasan yang terbakar tahun ini, sama dikunjungi Jokowi, Rimbo Panjang.

 

Sebelumnya, Rabu, 9 September 2015, Presiden Joko Widodo telah memerintahkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), untuk segera menyelesaikan masalah kebakaran Hutan dan lahan di Riau dalam waktu 2 minggu. 

 

Hal ini disampaikan Kepala BNPB Willem Rampangilei. Willem baru saja beberapa hari dilantik oleh Joko Widodo menggantikan Syamsul Maarif. Menurut Willem, presiden telah memandatkan tugas pertama kepadanya untuk menyelesaikan masalah kabut asap di Riau dalam waktu sesegera mungkin.



Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline