(Video) Masyarakat Internasional Tanggapi Karhutla dan Kabut Asap

voa-kebakaran-hutan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/YOLA)

RIAU ONLINE - Indonesia dituntut negara tetangga untuk segera menyelesaikan masalah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Sementara organisasi lingkungan hidup Amerika Serikat juga menekan pemerintah RI untuk melakukan pencegahan lebih baik.

 

Buruknya kabut asap di sejumlah wilayah Sumatera dan Kalimantan hingga menyeberang ke negara tetangga seperti Malaysia telah mengundang protes dari negara setempat.

 

Sementara itu, pemerintah Indonesia telah mengerahkan hampir 20.000 tenaga untuk membantu melakukan pemadaman terhadap kebakaran hutan yang terjadi.

 

Selain itu, sejumlah oknum juga telah melakukan investigasi kepada sejumlah orang yang dianggap bertanggung jawab atas kerjadinya kabakaran hutan tersebut.

 

 

Kebakaran Hutan di Indonesia, Tragedi yang Bisa Dicegah

Indonesia dituntut negara tetangga untuk segera menyelesaikan masalah kebakaran hutan. Sementara organisasi lingkungan hidup Amerika Serikat juga menekan pemerintah RI untuk melakukan pencegahan lebih baik. Selengkapnya ikuti laporan berikut ini atau tonton di YouTube: https://youtu.be/tYEITnH3rJ8

Posted by VOA Indonesia on 5 Oktober 2015

 

 

 

Dampak dari kabut asap tersebut selain terganggunya kesehatan juga menyebabkan kerugian ekonomi masyarakat di dalam maupun di luar negeri.

 

World Resources Institute (WRI) yang merupakan lembaga pengamat lingkungan di Amerika Serikat menyambut baik upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia untuk mengatasi masalah kebakaran hutan tersebut. Namun ia menyayangkan kesigapan pemerintah Indonesia.

 

Untuk itu pemerintah Indonesia diminta untuk bersikap lebih tegas agar tidak terjadi lagi hal yang lebih parah di masa depan.

 

Sumbar: VOA Indonesia