Aktual, Independen dan Terpercaya


Surya Paloh Datang saat Sidang MPR Telah Usai

Surya-Paloh-Terlambat.jpg
(IHSANUDDIN/KOMPAS.com)

RIAU ONLINE, JAKARTA - Surya Paloh yang baru sehari saja menerima Bintang Mahaputra Utama sebagai Tokoh Pers dari Presiden Joko Widodo, Jumat (14/8/2015), terlambat menghadiri Sidang Tahunan MPR RI, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Paloh baru hadir pukul 09.05 WIB, setelah sidang tahunan hampir selesai.

 

Saat itu, rangkaian acara sidang tahunan MPR sudah hampir selesai. Presiden Joko Widodo sudah selesai menyampaikan pidatonya soal kinerja lembaga-lembaga negara. Doa pun sudah dibacakan.

 

Surya Paloh yang didampingi asistennya sempat mendekati pintu utama ruang rapat paripurna yang dijaga oleh pasukan pengamanan presiden.

 

(Baca Juga: Fadli Zon: Ya Jokowi Mana Beranilah Copot Puan

 

Setelah berbincang sebentar dengan paspampres yang menjaga pintu utama untuk melobi agar diizinkan masuk, akhirnya Paloh gagal dan ia memutuskan tak jadi masuk ke ruang sidang.

 

Paloh menunggu di sisi kanan ruang sidang sambil bertegur sapa dengan beberapa tamu lain, seperti Presiden ke-3 RI BJ Habibie. Saat sidang tahunan DPR-DPD dimulai pukul 09.20 WIB, Surya Paloh lalu memasuki ruang sidang melewati pintu sampjng.

 

Dalam sidang DPR-DPD ini, Jokowi menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-70 Kemerdekaan RI. Rangkaian acara akan dilanjutkan pukul 14.00 WIB, dengan agenda sidang paripurna pembukaan masa sidang I DPR tahun sidang 2015-2016.

 

(Klik Juga: SBY Sentil Jokowi Soal Pasal Penghinaan Presiden

 

Dalam sidang ini, Presiden akan menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka penyampaian Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun anggaran 2016. Nota keuangan juga akan turut disampaikan oleh Presiden.

 

Sebelumnya, sejumlah Menteri kabinet kerja juga terlambat menghadiri acara sidang MPR yang sudah dimulai sejak pukul 08.00 WIB. Di antaranya Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

 

Sejumlah anggota DPR seperti Ketua Fraksi Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono, Anggota Fraksi Golkar Otje Popong Djunjunan, dan Anggota Fraksi PDI-P Aria Bima juga baru hadir setelah pintu utama ditutup. Akhirnya, tamu yang telat harus masuk melalui pintu samping ruangan.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline