Aktual, Independen dan Terpercaya


Kapolres Apresiasi Warga Kuansing Buka Lahan Tanpa Dibakar

kapalres-kuansing-dan-warga.jpg
(istimewa)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Kapolres Kuansing, AKBP Henky Poerwanto, S.I.K memberikan apresiasi kepada warga yang membuka lahan tanpa harus membakar.

Seperti yang dilakukan Maisiwan warga Koto Kari, Kecamatan Kuantan Tengah, Senin 14 Oktober 2019 sekira pukul 16.00 WIB. Ia membuka lahan kebun karet miliknya yang sudah tidak produktif lagi menggunakan alat berat excavator.

"Kita berharap ini menjadi contoh bagi masyarakat lainnya, supaya dalam membuka lahan tidak dengan cara membakar," kata Kapolres Kuansing AKBP Henky Poerwanto didampingi Waka Polres Kompol Razif saat turun melakukan monitoring kemarin sore.

Kegiatan monitoring dilaksanakan berdasarkan adanya laporan Bhabinkamtibmas Desa Kenegrian Koto Kari beberapa hari yang lalu bahwa ada masyarakat yang akan membuka lahan bekas kebun karet tanpa dengan membakar lahan.

"Ya pak Kapolres langsung turun, ini bentuk apresiasinya kepada masyarakat yang membuka lahan tanpa harus membakar," ujar Kasat Reskrim AKP Andi Cakra yang juga ikut turun mendampingi Kapolres dan Waka Polres.

Atas temuan ini katanya, pihak Polres Kuansing memberikan apresiasi kepada pemilik lahan. Dan diharapkan ini menjadi contoh yang baik untuk masyarakat lainnya.

"Memang membuka lahan seperti ini membutuhkan biaya, tapi langkah yang dilakukan warga ini patut dicontoh sudah membuka lahan tanpa harus membakar," katanya.

Kita berharap tidak ada lagi warga yang membuka lahan dengan cara membakar,"membakar lahan jelas dilarang oleh undang-undang, maka kita himbau masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar," katanya.