Sudah 6.207 Hektare Lahan Terbakar di Riau, Paling Banyak di Bengkalis

karhutla-bengkalis-2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINEPEKANBARU - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada sejumlah wilayah di Provinsi Riau masih terus terjadi hingga pagi ini, Rabu, 4 September 2019.

Personil gabungan Satgas Karhutla masih berjibaku memadamkan api di lokasi lahan masih terbakar. Bahkan sejumlah alat berat pun ikut diturunkan ke lokasi kebakaran untuk membuat embung dan sekat kanal.

Di Desa Tasik Serai, Kecataman Tualang, Kabupaten Siak, Bengkalis, kebakaran terjadi di lokasi ini sudah berlangsung selama tujuh hari. Namun hingga saat ini api belum juga berhasil dijinakkan.
 
Petugas gabungan dari Polri, TNI, Manggala Agni, BPBD hingga perusahaan masih berjibaku memadamkan api di lokasi ini. Agar api tidak semakin meluas, sebanyak empat unit excavator kobelco dikerahkan ke lokasi untuk membuat embung dan sekat kanal.
 
Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger, Rabu, 4 September 2019 mengungkapkan, kebakaran lahan di beberapa titik di Riau terus bertambah. 
 
"Total luas lahan terbakar di Riau sejak Januari hingga awal september ini sudah mencapai 6.207 hektare," katanya.
 
Rincianya, Rohul 34 hektare, Rohil 1.206 hektare, Dumai 324 hektare, Bengkalis 1.704, Meranti 337, Siak 784 hektare, Pekanbaru 147 hektare, Kampar 210 hektare, pelalawan 320 hektare, Inhu 328 hektare dan Inhil 792 hektare serta Kuansing 15 hektare.  (*)