Syamsuar: Alhamdulillah, Siak Terima Piala Adipura 2 Tahun berturut-turut, 2016-2017

Bupati-Siak-Terima-Piala-Adipura-2016.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Laporan: EFFENDI

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kota Siak, Kabupaten Siak, kembali meraih kota terbersih dan berhak memperoleh Piala Adipura untuk kategori Kota Kecil. 

Piala Adipura yang diraih Kota Siak Sri Indrapura tersebut merupakan kali kedua secara berturut-turut, setelah tahun lalu, 2016, juga memperoleh hal serupa. 

Bupati Siak, Syamsuar, kepada RIAUONLINE.CO.ID, mengucapkan puji syukur Alhamdulillah atas penghargaan diraih Kota Siak. Selain Siak, dua kota lainnya di Riau, Kota Bengkalis dan Teluk Kuantan, ibukota Kuantan Singingi (Kuangsing). 

Baca Juga: Siak Borong Adipura Dan Adiwiyata, Pekanbaru Nihil Penghargaan

"Alhamdulillah. Ini prestasi masyarakat Kota Siak dan Mempura. Masyarakatnya memang merasakan dan menjadikan Kota Siak sebagai milik mereka. Sehingga, kota ini bersih dan hijau. Semoga senantiasa terpelihara dengan baik," kata Syamsuar, Kamis, 27 Juli 2017. 

Tahun lalu, 2016, penyelenggaraan Hari Lingkungan Hidup pertama kali diselenggarakan di luar Istana. Ketika itu, Siak menjadi daerah penyelenggaraan. Ketika itu, Kota Siak menjadi satu-satunya kota di Provinsi Riau meraih Piala Adipura untuk kategori Kota Kecil. 


Syamsuar mengajak semua warga Kabupaten Siak, untuk tidak membuang sampah sembarangan. Tak hanya itu, warga juga diminta oleh Ketua DPD II Partai Golkar Siak itu selalu bisa memilah sampah dari rumahnya masing-masing.

"Sampah bernilai ekonomis, bisa dijual ke Bank Sampah. Selamat untuk warga Siak dan Mempura (Piala Adipura). Jangan membakar lahan atau hutan. Sayangi negeri kita untuk anak cucu yang sehat dan cerdas dimasa mendatang. Ini juga agar bisa dinikmati di masa depan lebih gemilang dan cemerlang," kata Syamsuar. 

Selain Piala Adipura, Kabupaten Siak juga memperoleh Plakat untuk Kategori Pasar Terbersih dari Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Wilayah Sumatera, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutananj (KLHK). Ini merupakan kali kedua meraih plakat tersebut. 

"Tambahan untuk Siak, penghargaan plakat diberikan tahun ini merupakan keduakalinya untuk Pasar. Tahun 2016 dan 2017," jelasnya.

Klik Juga: Inilah Resep Herman Abdullah Soal Sampah Hingga 7 Kali Raih Adipura

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Yulwiriati Moesa mengatakan, Alhamdulillah jumlah penerima Adipura di Riau meningkat. 

"Semoga program pelestarian Lingkungan Hidup di Riau semakin lebih baik," jelasnya. 

Ia menjelaskan, untuk Sertifikat diraih Kota Dumai untuk kategori Kota Sedang, Kota Bangkinang (Ibukota Kabupaten Kampar), Rengat (Ibukota Indragiri Hulu) dan Pangkalan Kerinci (Ibukota Pelalawan), untuk kategori Kota Kecil. 

Selain itu, tuturnya, Riau juga memperoleh Plakat, selain Pasar untuk Kota Siak, juga Terminal diraih Kota Pekanbaru. Penyerahan Piala Adipura, Sertifikat dan Plakat tersebut direncanakan akan dilakukan Rabu, 2 Agustus 2017, di Istana Kepresidenan. 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline