Pesan WhatsApp Terhapus? Begini Cara Pulihkannya

WA6.jpg
(pixabay)

RIAU ONLINE - Saat ini, WhatpsApp menjadi aplikasi perpesanan instan yang banyak digunakan. Meski kini WhatsApp hadir dengan berbagai fitur, namun terkadang pengguna masih saja direpotkan dengan pesan yang hilang tanpa disengaja.

Tapi sekarang kamu tidak perlu khawatir jika kehilangan pesan penting di WhatsApp. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memulihkan pesan yang hilang, seperti dilansi dari Suara.com, Senin 1 Januari 2024.

Pertama, hapus dan instal ulang WhatsApp di ponsel kamu. Kamu harus melakukan seluruh pengaturan lagi dengan nomor telepon dan melakukan verifikasi.

Kamu juga harus menyiapkan nomor autentikasi dua langkah jika sudah menyiapkannya pada instalasi sebelumnya.

Kemudian, WhatsApp akan memberi tahu bahwa nomor tersebut telah mendeteksi cadangan di Google Drive. Lalu, WhatsApp akan menawarkan untuk melakukan pemulihan.

Jika kamu memilih opso Skip, kamu tidak akan memulihkan apa pun dari Google Drive. Tapi, kamu bisa memilih opsi Skip jika ingin memulihkan dari cadangan lokal.

Cadangan pengguna sekarang akan diunduh ke ponsel dan dipulihkan. Lama waktu yang dibutkan tergantung pada ukuran arsip dan kecepatan koneksi internet.


Saat pencadangan selesai, kamu akan diminta untuk mengisi nama tampilan dan memasukkan kembali kode autentifikasi dua faktor

Selain dari Google Drive, pemulihan juga dapat dilakukan dari cadangan lokal Android.

Gunakan pengelola file seperti Google Files untuk mengakses penyimpanan intenal ponsel. Temukan folder WhatsApp, buka Database, dan pengguna akan melihat file. Ubah nama file dengan menyisipkan kata BACKUP di dalamnya, sehingga menjadi msgstore_BACKUP.db.crypt14.

Temukan file di folder yang ingin dipulihkan dan ubah namanya menjadi file sebelumnya. Kemudian hapus instalan WhatsApp, instal ulang, dan lakukan pengaturan awal lagi.

Namun untuk iPhone dibutuhkan cara berbeda. Karena, iPhone tidak mendukung kartu SD atau memulihkan dari penyimpanan lokal. Satu-satunya cara melakukan pemulihan melalui cadangan iCloud.

Seperti pada Android yang menggunakan Google Drive, untuk iPhone, kamu hanya harus mencopot pemasangan dan instal ulang WhatsApp di iPhone.

Siapkan dan verifikasi nomor pengguna lagi. Pilih Restore dan itu akan mendeteksi cadangan iCloud, tempat di mana pengguna dapat mengatur ulang semuanya.

Itulah cara mudah untuk memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus di Android dan iOS.