Viral, Pengantin Ijab Kabul dengan Bahasa Isyarat

Ilustrasi-Pernikahan.jpg
(onislam.net)

Laporan: Dwi Fatimah

RIAUONLINE, PEKANBARU - Momen ijab kabul menjadi momen penting dan sakral saat akan melangsungkan pernikahan. Ijab kabul juga menjadi momen yang paling ditunggu oleh kedua mempelai sebab saat itu mereka resmi menjadi pasangan suami istri.

Ijab kabul merupakan ucapan yang dilakukan oleh wali mempelai perempuan dan penerimaan oleh mempelai laki-laki. Ijab kabul biasanya diawali dengan permintaan dari pihak pengantin laki-laki yang kemudian diterima dan diserahkan oleh pihak wali perempuan.

Namun berbeda dengan kisah pasangan asal Malaysia. kisah akad nikah sepasang pengantin ini tak hanya mampu membuat orang di sekitarnya terharu, tapi juga merinding. Ini karena prosesi akad nikah keduanya yang tak biasa.

Sang mempelai pria rupanya memakai bahasa isyarat saat ijab kabul. Momen ini pun diunggah di media sosial TikTok dan ramai diperbincangkan di dunia maya.


Dilansir dari OhMyMedia, kisah ini terjadi pada sepasang pengantin asal Malaysia. Dalam video tersebut, pengantin pria duduk memakai busana berwarna putih dan peci hitam.

Dirinya terlihat duduk bersila sambil melafazkan akad nikah. Namun, bukan suaranya yang terdengar, melainkan tampak tangan yang bergerak.

Ternyata, pria itu merupakan seorang tuna wicara. Oleh karenanya, dia memilih untuk memakai alat bantu dengar dan bahasa isyarat untuk komunikasi. Meskipun berbeda dengan prosesi akad pada umumnya, dia tetap percaya diri dan tidak terlihat gugup. Pengantin pria tersebut tampak mahir, terutama saat mengeja nama pasangannya.

Video yang telah ditonton sebanyak lebih dari 1 juta kali ini mendapatkan beragam komentar dari warganet. Rata-rata merasa kagum dan terharu menyaksikan momen tak biasa ini.

"Alhamdulillah, syukur. Semoga terus menjadi suami dan istri yang saling sayang menyayangi," tulis seorang warganet.

"Selamat untuk pasangan pengantin. Semoga berbahagia dan langgeng sampai surga. Amin. Terharu, baru pertama kali lihat yang seperti ini," komentar salah satu warganet

"Melihat pengantin pria, jadi teringat pernikahan anak saya. Pakai bahasa isyarat juga. Selamat pengantin baru. Semoga langgeng hingga surga," tambah warganet lainnya.