Keutamaan Membaca Surat Surat Al Kahfi di Hari Jumat

Ilustrasi-Alquran.jpg
(pixabay)


Laporan: Dwi Fatimah

RIAUONLINE, PEKANBARU - Hari Jumat merupakan salah satu hari yang baik untuk berdoa dan beribadah meningkatkan keimanan.

Membaca Surat Al Kahfi menjadi salah satu sunnah Rasullah di hari Jumat. Disebutkan dalam hadits nabi, membaca Surat Al Kahfi di hari Jumat dapat menghindari kita dari fitnah dajjal dan diampuni dosanya di antara dua Jumat.

Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat memang sangat dianjurkan. Membaca Surat Al Kahfi bisa dilakukan pada malam Jumat atau hari Jumat. Rasulullah SAW dalam hadits yang diriwayatkan sejumlah sahabatnya menyebutkan beberapa keutamaan bagi orang yang membaca Surat Al Kahfi tiap Jumat.

Surat Al Kahfi merupakan surat ke-18 dalam Alquran yang berarti para penghuni goa. Surat ini mengisahkan tujuh pemuda saleh dan seekor anjing yang mengasingkan diri dari kejaran penguasa zalim dan kafir.

Mereka hidup pada masa Raja Diqyanus di Romawi beberapa ratus tahun sebelum diutusnya Nabiyullah Isa As. Mereka dipaksa menyembah berhala. Namun, para pemuda saleh ini menolak dan lari dari kejaran pasukan raja hingga sampai dimulut gua dan dijadikan tempat persembunyian.

Dengan izin Allah mereka kemudian ditidurkan selama 309 tahun di dalam gua, dan dibangkitkan kembali ketika masyarakat dan raja mereka sudah berganti menjadi masyarakat dan raja yang beriman kepada Allah SWT.

Berikut manfaat dan keutamaan membaca Surat Al Kahfi di hari Jumat:

1. Diampuni dosanya di antara dua Jumat


Allah SWT akan mengampuni dosa atas segala perbuatan bagi seseorang jika membaca surat Al Kahfi di hari Jumat.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW dari Abdullah bin Umar yang artinya, "Barang siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua Jumat." (HR. Abu Bakr bin Mardawaih).

2. Mendapat Ridho Allah SWT

Keutamaan surat Al Kahfi bagi umat muslim yang membacanya akan dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mendapatkan berkah bagi dirinya.

Sebagaimana dalam hadist riwayat Ahmad, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad).

3. Terhindar dari fitnah dajjal

Membaca surat al kahfi di hari Jumat dapat terhindar dari fitnah Dajjal. Dari Abu Darda, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa membaca sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal." (HR Ibnu Hibban).

4. Dijaga dari gangguan setan

Salah satu cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari gangguan setan adalah membaca Surat Al Kahfi di hari Jumat

Sebagaimana telah disebutkan dalam hadist, dari Abdullah bin Mughaffal, Rasulullah SAW bersabda, "Sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al-Kahfi dan surat Al-Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut. Dengan demikian, bacalah surat Al-Kahfi agar terhindar dari gangguan setan yang terkutuk." (HR Ibnu Mardawaih).

5. Sebagai pengingat hari kiamat

Setiap umat muslim wajib untuk senantiasa mengingat akan hari Kiamat untuk terus melakukan kebaikan kepada sesama dan menjauhkan diri dari larangan Allah SWT. Dalam Al Quran surat Al Kahfi ayat 47 berbunyi, "Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka." (QS. Al Kahfi: 47)