Nokia akan Pasang Jaringan 4G di Bulan, Siapa Mau ke Sana?

ilustrasi-bulan.jpg
(internet)

RIAU ONLINE - Kecanggihan teknologi komunikasi terus berkembang. Tidak hanya bisa dinikmati manusia di bumi saja, tetapi juga di angkasa. Salah satunya di bulan, yang tak lama lagi akan memiliki jaringan 4G.

Jangan heran! Bulan memang menjadi incaran untuk dipasang jaringan internet mobile. Rencana ini digagas dua vendor telekomunikasi Vodafone dan Nokia.

Seperti dikutip dari Suara.com, Rabu 28 Februari 2018, keduanya telah mengungkapkan rencana untuk memasang jaringan 4G di bulan yang akan digunakan selama misi pribadi pertama ke permukaan bulan. Pada tahun 2019, sebuah perusahaan Jerman yang bernama PTScientists akan meluncurkan ekspedisi perintis ke bulan.

Audi Lunar Quattro, robot penjelajah, akan menggunakan koneksi 4G untuk berkomunikasi dengan stasiun pangkalan yang disebut Autonomous Landing and Navigation Module. Hannes Ametsreiter, chief executive Vodafone Germany, mengatakan bahwa proyek ini melibatkan pendekatan inovatif terhadap pengembangan infrastruktur jaringan bergerak.

Robert Böhme, chief executive PTScientists, mengatakan misi bulan bisa meletakkan dasar bagi misi ke tata surya dan ruang yang dalam.


"Agar umat manusia bisa meninggalkan tempat lahir di Bumi, kita perlu mengembangkan infrastruktur di luar planet kita. Dengan Mission to the Moon kami akan menetapkan dan menguji elemen pertama dari jaringan komunikasi khusus di Bulan," katanya.

Menariknya, dari solusi LTE ini adalah dapat menghemat banyak daya dan semakin sedikit energi yang digunakan untuk mengirim data. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id