Sekarang, Transfer Uang Bisa Dilakukan Lewat WhatsApp

Ilustrasi-aplikasi-WhatsApp.jpg
(internet)

RIAU ONLINE - Media sosial WhatsApp (WA) menyediakan fitur "WhatsApp Payments" yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi keuangan. Namun, fitur ini belum bisa digunakan oleh semua pengguna WA di berbagai negara.

Baru India, negara pertama yang beruntung bisa menggunakan fitur ini. Seperti dikutip dari Suara.com, Selasa 13 Februari 2018, di India, fitur payments di WhatsApp menggunakan sistem Unified Payments Interface (UPI).

Dengan fitur ini, pengguna di India dapat mengirim dan menerima dan mengirim uang melalui WhatsApp.

Sejauh ini, WhatsApp sudah bermitra dengan ICICI Bank untuk memfasilitasi pembayaran lewat UPI. Namun kemungkinan besar, bank lain juga akan dilibatkan dengan program ini

Untuk saat ini, fitur payments WhatsApp belum tersedia untuk semua pengguna. Hanya pengguna yang sudah mendaftar di program beta yang akan melihat menu pembayaran di aplikasinya.


Lantas bagaimana cara melakukan transaksi dengan fitur payments? Pengguna terlebih dahulu perlu memasukan nomor rekening bank. Kemudian, mereka harus memverifikasi nomor ponsel mereka melalui SMS.

Setelah nomor ponsel diverifikasi, daftar bank yang didukung akan muncul. Pilih bank tempat Anda memiliki akun. Lalu, pilih rekening bank yang ingin Anda tambahkan ke UPI di WhatApp. Pengguna kemudian harus memasukkan enam digit terakhir nomor kartu debit untuk membuat Virtual Payee Address (VPA).

Sekarang untuk mengirim uang, pergi salah satu teman. Ketuk ikon + dan Anda akan melihat Pembayaran. Jika orang lain mengaktifkan payments, fitur ini akan berhasil. Jika pengguna lain tidak memiliki fitur payemnts, aplikasi akan mengingatkan Anda.

Pembayaran berbasis UPI akan mempermudah pengguna WhatsApp di India untuk mengirim dan menerima uang. Saat ini, WhatsApp memiliki sekitar 1,5 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, 200 juta pengguna berasal dari India. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id