Pendiri Microsoft Sumbang 100 Ribu Anak Ayam ke Negara Miskin

Anak-Ayam.jpg
(CNN INDONESIA)

 

RIAU ONLINE - Pendiri Microsoft Bill Gates mengumumkan akan menyumbangkan 100 ribu anak ayam ke beberapa negara untuk mengakhiri kemiskinan. Hal ini diumumkannya di depan kandang ayam yang diletakkan di dalam gedung pencakar langit di New York.

 

Menurut pernyataan Bill & Melinda Gates Foundation, ribuan anak ayam ini akan dikirim ke pedesaan di puluhan negara berkembang daru Burkina Faso sampai Bolivia, tempat badan amal Heifer International mengelola perternakan dan distribusi.

 


Yayasan yang didirikan Bill Gates tersebut mengatakan dengan membudidayakan dan menjual ayam dapat mengurangi kemiskinan dan peternak yang memelihara 250 ayam dapat menghasilkan Membudidayakan dan menjual ayam akan mengurangi kemiskinan, dan petani yang memelihara 250 ayam dapat menghasilakn US$1.250 atau Rp16 juta dalam setahun.

 

"Tidak ada investasi yang menguntungkan seperti mengembangbiakkan ayam," kata Gates, seperti dikutip dari CNN Indonesia, Kamis, 9 Juni 2016.

 

Gates meminta masyarakat untuk menyumbang melalui Heifer International. "Jumlah yang diberikan warga Amerika hari ini kepada Heifer atau badan amal lainnya sebenarnya cukup kecil, jadi kami ingin melihat adanya peningkatan," ungkap Gates.

 

Mengacu pada pepatah yang mengatakan mengajarkan seorang memancing akan memberinya makan seumur hidup, Gates mengatakan "jika saja bisa diwujudkan dalam hal memberi seorang ayam dan menunjukkan kepada mereka bagaimana memelihara ayam."