Merakit Robot Merangsang kemampuan motorik Anak

ROBOTA.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ULTI)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Dalam pembuatan atau perakitan robot yang dinilai sulit ternyata memiliki banyak manfaat bagi anak. Merangsang kemampuan motorik halus serta mampu mendalami teknologi mekatronika.

 

Bantuan, pendiri sekaligus pemilik ROBOTA School Robotics mengungkapkan banyak sekali fungsi yang didapati oleh anak dalan belajar robot."Belajar membuat robot bisa melatih logika anak, karena sambil belajar tidak sadar logika anak tersebut terlatih," ujarnya kepada RIAUONLINE.CO.ID Rabu (12/8/2015).

 

Selain itu kata dia, dapat melatih imajinasi anak seperti pengenalan konstruksi dalam merakit robot, dimana siswa harus bisa memahami dengan imajinasi nyata tentang projek yang mereka kerjakan.

 

Setelah itu Siswa dapat melatih kesabaran, ketelitian dimana harus mencari dan menyesuaikan alat-alatnya kalau salah bisa gagal dalam perakitan, lalu melatih logika, konsentrasi dan kefokusan dalam menyelesaikan projeknya.

 


"Karena belajar robot biasanya anak-anak itu betah bahkan selama 2 jam dia tidak akan bisa diganggu," tambahnya.

 

Ia juga menjelaskan dengan belajar di sekolah robot ini bisa melatih jiwa berani berpresentasi di depan temannya, karena selalu dilatih bagaimana berfikir dan dapat menyampaikan dan menceritakan kembali tentang projek yang telah mereka kerjakan.

 

(BACA JUGA: Yuk Belajar Buat Robot Pengusir Tikus di Robota!

 

"Sehingga siswa dapat berinteraksi dalam lingkungannya secara ilmiah dan dasar yang kuat." jelas pria yang sering disapa Aan ini.

 

Merkit robot juga membentuk jiwa yang bertanggung jawab, setiap siswa diwajibkan membongkar hasil projek yang mereka rakit, kemudian dibentuk lagi sesuai wujud robot semula. Seusai bekerja dengan sendirinya siswa mengemas perlengkapan kemudian menyimpan di lemar.

 

"Agar siswa bisa menerapkannya dirumah, dimana selesai belajar atau mengerjakan tugas siswa merapikan kembali buku-bukunya," ujarnya.