Pengguna Instagram Segera Bisa Unduh Data Pribadi

Siluet-Instagram.jpg
(VOA Indonesia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Para pengguna Instagram milik Facebook akan segera bisa mengunduh seluruh konten yang sudah mereka unggah di platform media sosial untuk berbagi foto ini, kata juru bicara Instragram, Rabu 11 April 2018.

Seperti dilansir VOAINDONESIA, Kamis 12 April 2018, langkah ini muncul ditengah kekhawatiran dunia mengenai privasi informasi para pengguna platform media sosial dan jumlah data milik pengguna yang disimpan oleh para perusahaan media sosial.

Meski pengguna Facebook sudah bisa mengunduh foto-foto, pesan-pesan, membuka tautan iklan dan mendapat informasi semua kegiatan mereka di platform media sosial ini sejak 2010, Instagram tidak menyediakan fitur ini bagi para penggunanya.

"Kami sedang membangun fitur portabilitas data yang baru,” kata juru bicara Instagram melalui email.

Dengan alat ini, pengguna bisa mengunduh data mereka, temasuk foto-foto, video dan pesan-pesan, kata dia menambahkan.

Bila fitur ini diluncurkan sebelum 25 Mei, hal ini akan membantu Instragram mematuhi peraturan privasi Eropa yang akan berlaku.

Peraturan privasi Eropa ini mengharuskan portabilitas data, menurut laporan situs web berita teknologi, TechCrunch, yang pertama kali melaporkan perkembangan ini pada Rabu.

Instagram, yang memiliki 800 juta pengguna di seluruh dunia, tidak mengatakan kapan akan meluncurkan fitur ini.(2)