Waspada Beli Takjil, Jangan Tergiur Warna dan Tampilan

Takjil3.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Takjil atau kudapan yang dimakan sesaat setelah berbuka puasa menjadi kegemaran banyak orang. Apalagi beragam jenis takjil dijual di Pasar Ramadan dari siang menjelang sore hingga waktu berbuka puasa.

Makanan pembuka puasa ini biasanya berupa makanan manis seperti kolak pisang, sup buah, es campur. Selain itu juga banyak digemari krim jagung, es cendol, ketan mangga, es cincau susu dan banyak lagi.

Dari banyaknya varian takjil, masyarakat Kota diimbau agar selektif memilih takjil. Pasalnya, takjil yang mengandung bahan berbahaya berdampak buruk bagi kesehatan.

Pemerintah Kota Pekanbaru memberikan peringatan penting kepada masyarakat terkait keamanan konsumsi takjil. Seperti yang disampaikan Asisten I Setdako Pekanbaru, Maskur Tarmizi.

Ia menegaskan pentingnya kehati-hatian dalam memilih takjil untuk buka puasa. Masyarakat diimbau untuk bijak dalam memilih takjil, tidak tergoda warna yang cerah atau penampilan menarik.


"Dalam memilih takjil, jangan hanya tertarik pada bentuk dan warnanya saja, tapi pastikan takjil tersebut aman untuk dikonsumsi," jelasnya.

Dirinya juga menekankan pentingnya menyimak informasi mengenai takjil yang akan dibeli, terutama saat berbelanja di Pasar Ramadan.

"Kita harus antisipasi produk olahan takjil agar tidak mengandung bahan berbahaya," katanya mengingatkan.

Para pedagang di Pasar Ramadan sebelumnya juga sudah diingatkan agar memastikan takjil yang dijual layak konsumsi. Pedagang jangan sampai menggunakan bahan berbahaya untuk makanan seperti Boraks hingga Rhodamin B.