Perbaiki Lampu Jalan di Tiap Kecamatan, Dishub Luncurkan Layanan Cepat LPJU

Muflihun117.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Perbaikan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di Kota Pekanbaru terus digencarkan. Saat ini Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru telah meluncurkan layanan cepat LPJU.

Ada enam unit mobil operasional bakal mendukung perbaikan LPJU yang rusak di seluruh kecamatan. Satu unit mobil nantinya bakal melayani perbaikan LPJU di dua hingga tiga kecamatan.

"Unit kendaraan ini untuk melayani masyarakat, banyak kami mendapat laporan dan keluhan terkait lampu PJU," ujar Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun dalam peluncuran mobil operasional layanan cepat LPJU, Rabu 13 Maret 2024.

Dirinya menilai dengan layanan ini tentu perbaikan LPJU lebih cepat. Ia mendorong petugas layanan cepat LPJU ini bisa menjangkau 15 kecamatan.

Muflihun menyadari jumlahnya baru enam unit sehingga belum bisa menjangkau kecamatan secara bersamaan. Pemerintah kota menargetkan agar mobil operasional layanan cepat LPJU ini ada satu unit di setiap kecamatan.


"Kita hanya mampu beli enam unit saat ini, kita targetkan seluruh kecamatan punya unit mobil operasional untuk layanan cepat LPJU," paparnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso menambahkan bahwa jumlah LPJU saat ini berkisar 42.000 titik. Ada penambahan sekitar 2.000 titik LPJU setiap tahunnya di Kota Pekanbaru.

Dirinya menyebut, unit kendaraan LPJU yang ada selama ini belum bisa melayani keluhan masyarakat. Ia bersyukur pada tahun ini Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru mendapat enam unit mobil operasional layanan cepat perbaikan LPJU.

"Semoga tambahan energi baru, tambahan sarana ini, bisa memberikan layanan lebih cepat kepada masyarakat," paparnya.

Yuliarso menyadari bahwa setiap hari ada saja masukan dan permohonan terkait LPJU. "InsyaAllah dengan unit baru ini, kita akan lebih cepat memberikan respon," ulasnya.

Diketahui, mayoritas LPJU dalam kondisi padam karena lampu tersebut sudah habis masa pakai. Kebanyakan lampu yang sudah tidak menyala merupakan Lampu Hemat Energi (LHE).