Forum Dosen Unri Peduli Demokrasi Gelar Maklumat Menjaga Marwah Demokrasi

Dosen-unri-Gelar-Maklumat.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Forum Dosen Universitas Riau (Unri) Peduli Demokrasi menggelar maklumat menjaga Marwah Demokrasi Indonesia di Lapangan Open Space Unri, Jalan Soebrantas, Kota Pekanbaru, Senin, 5 Februari 2024. 

Presidium Forum Dosen Unri Peduli Demokrasi, Junaidi mengatakan agenda ini digelar sebagai pernyataan sikap Unri terhadap pelanggaran-pelanggaran Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dan perpolitikan di Indonesia.

"Kita melihat kehidupan negara dan bangsa sudah melenceng dari nilai moral, etika, dengan banyaknya pelanggaran hukum yang terjadi di masa Pemilu 2024. Maka dari itu, murni tanpa kepentingan kepada pihak manapun, kami ingin memberikan aspirasi kepada pemerintah agar menjalankan pemilu secara Luber Jurdil," jelasnya.

Adapun maklumat yang disampaikan pada agenda tersebut di antaranya:


1. Meminta kepada Presiden dan semua pejabat pemerintah untuk senantiasa menjunjung tinggi nilai etika dan moral dalam memimpin kehidupan berbangsa dan bernegara untuk menjadi panutan dan tauladan rakyat.

2. Meminta Pemerintah beserta aparatur negara untuk selalu taat pada ketentuan hukum dan berlaku adil dalam penyelenggaraan pemilu, sehingga mampu mewujudkan Pemilu berintegritas yang hasilnya dipercaya rakyat.

3. Meminta komitmen Presiden untuk mewujudkan Pemilu yang berasaskan Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil, sehingga mampu mewujudkan demokrasi yang bermarwah.

4. Meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) untuk berani menindak segala bentuk pelanggaran Pemilu agar terwujudnya Pemilu yang berintegritas

5. Menyatakan Civitas Akademika Universitas Riau akan selalu berperan aktif dalam menjaga Marwah Demokrasi Indonesia.