Pemprov Riau Anggarkan Rp 1,3 Miliar Gelar Pasar Murah Sepanjang 2024

Antrean-warga-di-pasar-murah2.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menganggarkan Rp 1,3 miliar untuk menggelar pasar murah sepanjang tahun 2024. 

Kepala Disperindagkop UKM Riau Taufiq OH mengatakan, kegiatan pasar murah dilakukan dalam upaya menjaga stabilitas harga pangan. Sehingga mencegah terjadinya peningkatan inflasi. 

"Tahun ini kami anggarkan Rp1,3 M untuk kegiatan pasar murah di Riau. Kegiatan ini untuk menurunkan inflasi di Riau," ujarnya, Senin, 29 Januari 2024.

Menurutnya, gerakan pasar murah nantinya difokuskan digelar di wilayah-wilayah yang sedang mengalami inflasi. Setidaknya, direncanakan ada 64 Gerakan Pasar Murah (GPM) sepanjang tahun 2024 ini.


"Pasar murah ini, selain menggunakan APBD kita juga nantinya mendapatkan dukungan dari APBN. Kita rencanakan akan ada 64 operasi Pasar Murah untuk menekan inflasi yang terjadi di wilayah-wilayah tertentu," jelasnya.

Ia menjelaskan, Pemprov juga akan kembali mengajukan anggaran apabila setelah 64 operasi dilakukan, masih dibutuhkan Pasar Murah untuk menekan inflasi. Pihaknya dapat kembali mengajukan anggaran untuk melaksanakan kegiatan serupa melalui dana Biaya Tak Terduga (BTT). 

"Kalau dana yang bersumber dari APBD sudah terserap seluruhnya, maka kami dapat mengajukan penggunaan anggaran dari BTT," pungkasnya.