Belum Kunjung Surut, Banjir di Jalintim KM 76 Pangkalan Kerinci Kian Tinggi

Banjir-di-Jalintim-pangkalan-kerinci.jpg
(Tangkapan layar Galeri Polres Pelalawan)

RIAU ONLINE, PELALAWAN - Banjir di Jalur Lintas Timur (Jalintim) KM 76 Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, belum kunjung surut. Bahkan, ketinggian banjir hari ini, Senin 8 Januari 2024, sudah di atas lutut orang dewasa.

Sementara arus lalu lintas di jalur tersebut masih diberlakukan sistem buka tutup, karena banjir merendam hingga ke badan jalan.

“Senin, 8 Januari 2024 pukul 09.00 WIB, situasi terkini di Jalur Lintas Timur Pangkalan Kerinci. Saat ini situasi arus lalu lintas diberlakukan sistem buka tutup," ujar Ipda R Sinaga.

Ipda R Sinaga memperkirakan ketinggian air mencapai 90 cm. Untuk sementara, jalur tersebut hanya dapat dilalui kendaraan roda empat sampai enam.

"Kepada pengendara untuk tertib tidak saling menyerobot. Kita akan berlakukan buka tutup setiap satu jam di Jalur Lintas Timur," pungkasnya.


Hingga saat ini, macet panjang masih terjadi Jalur Lintas Timur Pangkalan Kerinci KM 76 - 83. Arus lalu lintas dari arah Riau-Jambi atau sebaliknya, masih diberlakukan buka tutup dan kendaraan kecil seperti, Ayla, Agya, Brio, Avanza dilarang melintas.

Direktorat Lalulintas Polda Riau hanya memperbolehkan kendaraan roda 6 atau kendaraan besar melintas di Jalan Lintas Timur tersebut.

"Kepada seluruh masyarakat dan pengendara yang hendak melintasi Jalan Lintas Timur dari Kabupaten Indragiri Hulu maupun dari Kota Pekanbaru agar menggunakan jalur lintas tengah arah Kabupaten Kuansing," imbau Ditlantas Polda Riau, Sabtu, 6 Januari 2023.

Kondisi Jalan Lintas Timur tepatnya di KM 80 saat ini hanya bisa dilintasi oleh kendaraan roda enam ke atas karena debit air masih cukup tinggi.

Meski demikian, masih saja banyak pengendara yang mengabaikan imbauan tersebut dan nekat menerobos banjir.