Waspada Banjir dan Longsor, Pekan Ini Hujan Diprediksi Guyur Kota Pekanbaru

Banjir-di-Jalan-Beringin.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Hujan diprediksi masih mengguyur Kota Pekanbaru secara merata pada pekan ini. Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), potensi hujan masih terjadi hingga satu pekan ke depan dengan curah hujan sedang hingga tinggi.

"Kita sudah koordinasi dengan BMKG, informasinya beberapa hari ke depan memang diprediksi hujan merata," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Candra, Kamis 7 Desember 2023.

Masyarakat di Kota Pekanbaru harus mewaspadai potensi hujan yang masih terus terjadi. Meski curah hujan fluktuatif, namun potensi angin kencang juga terjadi sehingga hal ini juga harus diwaspadai.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru mengimbau masyarakat yang bermukim di daerah rawan banjir untuk tetap melakukan kesiapsiagaan. Apalagi ancaman banjir masih mengintai di beberapa titik rawan.


Zarman menyebut, pihaknya tetap melakukan patroli di titik rawan banjir maupun bencana longsor. Tim BPBD Kota Pekanbaru siaga menghadapi ancaman bencana pasca hujan.

"Masyarakat tetap perlu mengantisipasi, kita tetap siaga menghadapi kondisi cuaca dan angin kencang. Kami mengingatkan masyarakat, agar waspadai ancaman banjir di wilayahnya," ujarnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, tim juga terus melakukan pemantauan di lokasi yang rawan banjir pasca hujan melanda kota.Tim di lapangan juga melakukan sosialisasi sebagai edukasi agar mengantisipasi ancaman banjir. 

Pihaknya mengaku belum ada informasi terkini dampak hujan di Kota Pekanbaru, meskipun hujan yang mengguyur Kota Pekanbaru pada pekan ini intensitasnya sedang hingga deras.

"Kalau sampai saat ini, kita belum terima laporan dampak hujan. Kondisi kota masih stabil," tandasnya.