Sederet Pekerjaan Rumah Pejabat Pemko Pekanbaru yang Baru Dilantik Muflihun

Muflihun108.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun memberi sejumlah Pekerjaan Rumah (PR) kepada sejumlah pejabat yang telah menjalani pelantikan akhir pekan kemarin, Jumat 27 Oktober 2023.

Para pejabat akhirnya dilantik setelah rangkaian seleksi terbuka tuntas dalam tiga bulan ini. Mereka yang dilantik di antaranya wajah lama di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, seperti Edward Riansyah sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru.

Edward sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pekanbaru. Ada juga Maisisco yang dilantik sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru. Ia sebelumnya menjabat sebagai kepala bagian di Sekretariat DPRD Kota Pekanbaru. 

Sejumlah wajah baru yakni Irwan Suryadi sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru. Ada juga Samto sebagai Asisten Administrasi III Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru. 

"Kepada para pejabat yang baru dilantik saya berpesan agar menjalankan amanah yang diemban supaya dapat menjalankan tugas dan fungsi jabatan dengan sebaiknya," kata Muflihun.

Dirinya menyadari cukup banyak tugas dan pekerjaan mesti dituntaskan bersama. Menurutnya, isu aktual nasional saat ini masih seputar inflasi, stunting dan ketahanan pangan.


"Atensi dari presiden saat ini masih soal inflasi. Ini menjadi prioritas dan tugasnya di OPD masing masing yang memang menjadi perpanjangan tangan pemerintah daerah, dalam hal ini Disketapang," imbuhnya.

Muflihun meminta Samto bisa berkoordinasi dengan baik bersama Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru dalam menjalankan tugasnya. Apalagi banyak PR yang masih harus mereka sempurnakan.

"Beri tunjuk ajar, sharing, total dan loyal pada pimpinan. Kita adalah team work. Pak asisten nanti terkait APBD, kita minta dia di bawah arahan pak sekda bisa lebih optimal dan teliti apalagi kita masih ada tunda bayar, maka kita butuh orang yang bisa membantu sekda," paparnya.

Selain itu, Kepala BKPSDM diminta bisa membentuk karakter para ASN dan mengelompokkan di bidang ahlinya masing masing. OPD ini diminta memperhatikan SDM para ASN agar kemudian bisa dikelompokkan sesuai dengan kemampuan.

"BKPSDM ke depan kita ingin lebih profesional lagi, pelayanan bisa lebih digital, kemudian membentuk pos pos cadangan pejabat struktural lainnya. Silakan berinovasi, gagasan ide, sehingga nanti ketika terjadi kekosongan jabatan tidak perlu lagi mencari karena kita sudah punya stok SDM dari ASN kita sendiri," katanya.

Sementara tugas dan PR Kepala Dinas PUPR yang baru dilantik, Muflihun menyampaikan atensi terhadap keluhan soal infrastruktur. Masih banyak aduan dari masyarakat perihal jalan berlubang. 

"Pak Edu, sesuai dengan fakta di lapangan banyak sekali aduan dan keluhan terkait infrastruktur, kita berharap bisa dibenahi secara bertahap, bagaimana bisa bisa bekerja sama dengan provinsi maupun pusat. PUPR dengan banyaknya keluhan infrastruktur dan jalan berlubang," pesannya.