10 Camilan Khas Riau dengan Nama Unik, Keripik Nanas hingga Talam Durian

Roti-Jala-Khas-Melayu2.jpg
(Instagram)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Provinsi Riau memiliki ragam kuliner khas menarik dan nikmat yang sayang untuk dilewatkan. Jika berkunjung ke Riau, para wisatawan bisa memilih berbagai macam olahan makanan dan camilan dengan berbagai cita rasa khas daerah. Siapa sih yang tidak  tertarik sama yang namanya kuliner? 

RIAU ONLINE merangkum dari berbagai sumber rekomendasi aneka camilan unik yang patut dicoba jika kamu berada di Provinsi Riau. Ada banyak olahan makanan seperti bolu dan juga camilan berbahan buah. Berikut 10 daftar camilan favorit di Riau:

1. Bolu Kemojo 

Siapa sih yang tidak tahu dengan Bolu Kemojo? Camilan khas Riau yang telah ada sejak 1998 dan tidak perlu diragukan lagi kualitas rasanya. Kue ini berbentuk seperti bunga Kamboja yang dipadukan dengan aneka rasa durian, pandan, jagung, dan lain sebagainya. 

Bolu Kemojo sangat cocok dijadikan camilan ketika berkumpul bersama teman dan keluarga. Jika ingin mencobanya, kamu bisa menemukannya di berbagai daerah untuk dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke daerah Riau. 

2. Kue Asidah 

Kue Asidah merupakan salah satu kudapan manis dengan cita rasa yang gurih serta terdapat aneka rasa rempah di dalamnya. Kue ini terbuat dari tepung terigu, kayu manis, daun pandan, dan cengkeh. Awalnya, kue Asidah hanya bisa dinikmati oleh para raja Semenanjung Riau. Namun, kini siapapun bisa menikmati kue tersebut. 

Terutama bagimu yang sedang mengunjungi daerah Riau. Masyarakat setempat menjadikan Kue Asidah ini sebagai kudapan yang cocok ditemani kopi ataupun teh hangat. 

3. Bolu Dam 

Bolu Dam termasuk jenis pound cake merupakan makanan yang khas oleh masyarakat Bengkalis. Ciri khas dari bolu ini adalah jika dibelah terlihat di dalamnya lapisan adonan coklat yang disusun bergantian hingga membentuk motif seperti papan catur. 

Bolu Dam ini biasanya dibuat ketika ada acara-acara tertentu apalagi dahulunya untuk mendapatkan bahan-bahan membuat Bolu Dam ini tergolong sulit karena harganya yang relatif mahal. Oleh karena itu, Bolu Dam hanya mampu dihidangkan oleh kalangan keluarga menengah ke atas. 

Namun cukup sulit untuk menemukan Bolu Dam ini karena belum se-familiar Bolu Kemojo yang telah ada di mana-mana. Tapi jika kamu berkunjung ke daerah Bengkalis, camilan ini bisa jadi rekomendasi buat kamu pecinta bolu.  

4. Keripik Nanas

Cukup aneh bukan, biasanya nanas dijadikan acar atau teman makan rujak kini malah dijadikan keripik. Nanas sendiri merupakan salah satu buah yang melimpah di Kota Pekanbaru. Bisa dilihat di Pekanbaru begitu banyaknya penjual nanas bisa kamu jumpai di pinggir jalan. 

Melimpahnya nanas di Riau membuat, masyarakat khususnya di Pekanbaru mengkreasikan nanas menjadi olahan keripik yang tentunya tak kalah sedap dengan keripik kekinian karena dinilai memiliki daya jual tinggi dibandingkan nanas segar.


Menarik bukan, untuk menemukan olahan nanas yang dipipihkan dan memiliki rasa manis ini tidak sulit, bisa ditemukan di berbagai sudut Kota Pekanbaru. 

5. Pastel Ikan Patin 

Pastinya sudah tidak asing dengan makanan ini bukan, kalau biasanya diisi dengan bihun dan sayuran, namun di Riau kamu bisa menemukan makan ini dengan isian daging ikan patin. 

Cukup menarik bukan? Biasanya ikan patin diolah menjadi gulai atapun asam pedas. Namun kini, diolah menjadi camilan yang pastinya sayang sekali dilewatkan. 

Makanan ini ternyata sudah terkenal ke berbagai daerah di Indonesia bahkan hingga ke Thailand. Kamu bisa menemukan camilan ini di berbagai toko oleh-oleh khas Riau.

6. Kue Bangkit 

Kue Bangkit merupakan satu camilan berupa kue kering berbahan dasar sagu. Diberi julukan bangkit karena saat matang, kue ini mengembang dari adonan semula. 

Nama kudapan ini lebih familiar dengan sebutan Kue Bangkit, karena terbuat dari bahan dasar sagu makan makanan ini sangat mudah untuk ditelan. Kue ini memiliki rasa yang manis dan sering dijadikan oleh-oleh khas Riau.

7. Lopek Bugi

Lopek Bugi dalam bahasa Melayu diartikan sebagai lepat ketan yang memiliki citra rasa legit dengan ukuran kecil. Awalnya, Lopek Bugi adalah jamuan istimewa yang disajikan untuk kaum bangsawan dan menjadi hidangan wajib pada acara tertentu seperti keagamaan maupun kebudayaan.

Kini, Lopek Bugi bisa dinikmati oleh siapa saja dan kapan saja. Tidak sulit untuk menemukan kudapan manis ini.

Bagi wisatawan yang ingin mencicipi kudapan berbahan dasar ketan putih atau hitam ini bisa membelinya di toko oleh-oleh maupun gerai penjual kue tradisional.  

8. Talam Durian 

Talam Durian merupakan satu camilan tradisional dengan cita rasa kekinian yang menjadi makanan khas dari Kota Pekanbaru dan banyak diminati oleh masyarakat. Biasanya orang-orang membeli Talam Durian untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Rasanya yang nikmat dipadukan dengan gurihnya ketan dan manis legitnya vla durian membuat makanan ini mempunyai banyak sekali penggemar, baik warga Kota Pekanbaru maupun wisatawan dari luar daerah.

9. Roti Jala

Sesuai dengan namanya, roti ini mirip dengan jala yang biasanya digunakan untuk menangkap ikan. Makanan ini bisa kamu jadikan camilan atau oleh-oleh dari Riau. 

Biasanya, roti ini disajikan dan disantap bersama dengan berbagai macam kuah seperti kuah kari atau kuah manis seperti durian dan gula merah. Jika kamu ingin mencobanya kamu bisa membeli roti ini tanpa kuah.

10. Kacang Pukul 

Kacang pukul merupakan kue khas Riau yang terbuat dari kacang tanah, gula, dan sedikit garam yang dihaluskan sampai lumat dan menyatu. Lalu dicampur kacang yang dicincang sesuai selera. 

Kue ini banyak dijumpai di Bagan Siapi-api, Rokan Hilir, Riau, yang dipopulerkan oleh penduduk Tionghoa di daerah tersebut. Jika kamu mengunjungi Bagan Siapi-api jangan lupa mencicipi kacang pukul ini ya. 

Itu dia beberapa camilan dengan nama unik dan cita rasa khas yang bisa kamu jadikan rekomendasi jika berkunjung ke Riau.

Artikel ini ditulis Anggi, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE