Pendaftar PPDB Jalur Zonasi Membludak, Disdik Beri Tambahan Kuota

Rapat-PPDB-SMP.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Ribuan kuota dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP negeri di Kota Pekanbaru belum terisi, padal jadwal pendaftaran PPDB sudah berakhir, Selasa 4 Juli 2023.

 

Total kuota yang belum terisi mencapai 1.258 untuk keempat jalur yang ada. Mayoritas kuota yang belum terisi yakni jalur afirmasi, jalur pindah orangtua dan jalur prestasi.

 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal mengatakan, kuota paling banyak terisi yakni lewat jalur zonasi. Kuota untuk jalur zonasi awalnya sebanyak 6.023. Namun ada penambahan kuota terisi untuk jalur zonasi sebanyak 971.

 

Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru pun melakukan pergeseran terhadap kuota yang ada. Pihaknya menggeser kuota yang belum terisi dari tiga jalur itu ke penerimaan jalur zonasi.

 

"Untuk jalur lainnya tidak ada perubahan. Sebab kita geser ke kuota terisi untuk jalur zonasi," jelas Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, Kamis 6 Juli 2023.


 

Ia mengatakan, pergeseran kuota ini juga berdampak pada kuota jalur zonasi, dari 6.259 menjadi 7.799. Namun pergeseran kuota ini tidak mempengaruhi kuota awal. Ia menyebut kuota awal pada PPDB tahun 2023 yakni 9.617.

 

Secara menyeluruh, katanya, kuota terisi bertambah dari 7.385 menjadi 8.359. Meski demikian tetap ada sisa kuota sebanyak 1.258 untuk keempat jalur yang ada.

 

 

Pihaknya pun sudah menyampaikan pengumuman PPDB melalui seluruh SMPN. Ada kemungkinan sejumlah peserta didik yang awalnya tidak lulus malah bisa masuk ke sekolah pilihannya karena pergeseran kuota ke jalur zonasi.

 

"Maka hari ini langsung pendaftaran ulang, yang masuk pergeseran kuota tentu yang sudah mendaftar di sana. Kalau belum terdaftar tidak bisa," tukasnya.