Dishub Pekanbaru Wacanakan Bus Feeder Antar Jemput Penumpang ke Halte TMP

Yuliarso9.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru merencanakan transportasi feeder yang akan menjadi angkutan pendukung layanan bus Trans Metro Pekanbaru (TMP). 

 

Transportasi feeder akan mengangkut penumpang dari pemukiman warga yang tidak terjangkau Bus TMP ke halte bus TMP. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru pun mencari skema untuk menjalankan program angkutan feeder tersebut.

 

Kepala Dishub Kota Pekanbaru Yuliarso mengatakan, saat ini pihaknya tengah menyusun skema agar program angkutan feeder ini bisa segera berjalan.

 

Apalagi angkutan feeder yang bertujuan untuk mengumpulkan penumpang dari komplek atau perumahan menuju halte Bus TMP masih terbatas.

 


"Karena ini terkait pembiayaan, tentu kita harus siasati dulu. Kita coba cari skema-skema lain," ujar Yuliarso, Sabtu 30 September 2022.

 

Menurutnya, anggaran yang dimiliki pemerintah kota masih terbatas. Pihaknya berencana meminta dukungan ke pihak ketiga agar angkutan feeder bisa berjalan.

 

"Selain APBD, nanti bisa saja pihak ketiga yang ditunjuk melalui BLUD. Namun, walaupun pembiayaan dari pihak ketiga, harus jelas juga pembiayaan dari Pemdanya," ulasnya.

 

Yuliarso mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan armada feeder. Ada beberapa unit kendaraan yang dipersiapkan.

 

 

Angkutan feeder ini merupakan layanan yang diberikan untuk antar jemput warga dari perumahan ke halte Bus TMP. Penumpang hanya menggunakan satu tiket Bus TMP untuk mengakses layanan ini.