10 Hal Tentang Bandara Changi yang Tak Diketahui Banyak Orang

Tanaman-Asli-di-Changi-Airport.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU -  Bandara Changi Internasional di Singapura, tahun 2016 kembali menjadi yang terbaik sebagai bandar terbaik di dunia versi SkyTrax. Tak hanya dikenal dengan kenyamanannya, bandara ini juga menyediakan beragam museum dan atraksi menakjubkan.

 

Meski demikian, ternyata masih banyak hal belum diketahui sebagian besar pengunjung di Bandara Changi. Apa sajakah itu? Berikut RIAUONLINE.CO.ID sajikan kepada Pembaca setia kami: 

 

1. Asli, tanaman di Bandara Changi

Jika Anda memperhatikan sekeliling Bandara Changi, Anda akan menyadari ada sesuatu berbeda di dalam terminal, tanaman dan bunga-bunga yang mekar sepanjang tahun. Bunga-bunga ini sekilas mungkin terlihat seperti barang tiruan, karena tampak memukau sebagai hiasan di bandara (telah banyak pengunjung yang terlihat sampai memeriksa daun bunga), namun bunga di Bandara Changi adalah bunga asli!

 

Baca Juga: Ini 10 Bandar Udara Terbaik di Dunia Tahun Ini

 

Untuk memberikan pengunjung pengalaman terbaik dalam hal visual dan aroma, Bandara Changi memiliki tempat bibit tanaman menanam dan menumbuhkan tanaman. Tujuannya, agar display bunga selalu terlihat segar, bahkan bertema sesuai dengan perayaan sedang berlangsung.

 

Bandara Changi Singapura

 

Bandara Changi memiliki 10 hortikulturis profesional yang didukung oleh sekitar 150 tukang taman untuk memastikan semua tanaman berada dalam kondisi prima sepanjang tahun.

 

2. Kamar mandi yang tidak biasa

Kamar mandi di Bandara Changi bukan hanya berfungsi sebagai tempat buang air. Beberapa dari kamar mandi tersebut menawarkan pemandangan luar biasa untuk melihat pesawat akan terbang, sementara satu kamar mandi di Terminal 3 merupakan tempat cocok bagi para wanita untuk berdandan.

 

Kamar mandi di Terminal 1 (T1) Transit berada tepat di atas area landasan dengan pemandangan indah dari kiri hingga kanan. Ketika T1 sedang mengalami perbaikan dari 2008 hingga 2012, insinyur secara tidak sengaja menemukan pemandangan indah ini dan memutuskan membagikannya kepada para pengunjung.

 

Mengubah dinding gelap dengan dinding gelas setinggi langit-langit, siapkan kamera Anda dan bersiaplah untuk ternganga melihat pesawat terbang mendarat di dekat anda. Pesawat-pesawat yang ada terasa sangat dekat seakan Anda dapat menggapainya dengan tangan!

 

Klik Juga: Terminal 3 Bandara Soetta akan Rampung, Bakal Saingi Bandara Changi

 

Jika anda ingin merasa seperti selebriti di Bandara Changi, kunjungi satu-satunya Powder Room di Terminal 1 dan Terminal 3 Transit (maaf ya, hanya untuk perempuan).

 

Desain Powder Room terinspirasi dari ruang tata rias belakang panggung di mana meja rias dipisah ke meja-meja kecil, dan setiap cermin dihias dengan lampu. Hal ini dapat membuat kesan ekslusif dan mewah untuk para pengunjung untuk dapat beristirahat saat menunggu teman yang masih ada di kamar mandi.

 

3. Pelepas stress orang tua


Para orang tua, berapa kalikah Anda berharap memiliki waktu untuk minum kopi, duduk di satu tempat untuk beristirahat dan membiarkan anak bermain sendiri di sekitar Anda? Sekarang Anda dapat melakukan hal tersebut di Bandara Changi.

 

Bandara ini mengerti betapa pentingnya mengawasi anak di setiap waktu, apapun sedang Anda kerjakan. Oleh karena itu, pihak bandara telah menempatkan tempat-tempat peristirahatan secara strategis di dekat tempat bermain anak, jadi dapat mengawasi anak dengan mudah sambil mengambil waktu sejenak menghilangkan stress dan mengistirahatkan kaki yang lelah.

 

Suasana Bandara Changi Singapura


 

Lebih baik lagi, beberapa tempat istirahat, seperti yang ada di belakang gerai Shilla Duty Free di T3, telah dilengkapi dengan mesin pijat kaki gratis! Apa lagi yang anda inginkan?

 

4. Kedamaian dan ketenangan

Di sepanjang Bandara Changi, di area check-in atau di kesibukan area transit, bandara ini tidak pernah terdengar berisik. Itulah membuat pengelola bandara Changi bangga karena telah mempertahankan suasana tenang dan santai untuk para penerbang.

 

Lihat Juga: Dalam Hal Kunjungan Wisata, Indonesia Kalah Dibanding Singapura

 

Mereka meminimalisir jumlah pengumuman penerbangan dan memanfaatkan penggunaan karpet telah dirancang secara khusus mengurangi tingkat kebisingan. Semua ini untuk menciptakan suasana ideal sambil menghibur penerbang dengan desain karpet yang menarik!

 

5. Penerangan cerdas

Pernahkah Anda memperhatikan Terminal 3 yang selalu terang saat siang, akan tetapi sangat nyaman? Ini karena kuantitas pencahayaan yang masuk ke dalam terminal telah diatur oleh sistem komputer di kisi-kisi jendela atap terminal.

 

Kisi-kisi jendela telah diprogram sedemikian rupa merespon pada tingkat kecerahan di luar terminal. Pada siang hari, kisi-kisi jendela terbuka sedikit untuk mengurangi sinar matahari yang masuk ke terminal, saat cuaca mendung, kisi-kisi jendela akan terbuka lebar untuk memungkinkan lebih banyak cahaya untuk masuk.

 

Dengan melakukan ini, kondisi pencahayaan di terminal akan tetap konsisten, sambil mengurangi pemakaian energy listrik dari pengurangan pemakaian lampu neon.

 

6. Memberi makan jutaan orang setiap tahun

Dengan jumlah gerai makanan dan minuman hampir mencapai 140 unit di ketiga terminal Changi, pengunjung dimanjakan dengan berbagai pilihan. Dari makanan Jepang hingga India, makanan Timur hingga Barat, gerai makanan dan minuman bervariasi dari makanan ringan cepat saji hingga restoran.

 

Klik: Ironis, Minyak Dari Perut Indonesia Dibeli Dari Singapura

 

Pilihan makanan yang ada telah diseleksi secara seksama oleh tim Changi disesuaikan dengan setiap lidah serta dompet pengunjung. Kebanyakan gerai makanan terletak di lantai yang sama dengan gerai retail, mengakomodasi pengunjung sedang berbelanja dan ingin menyantap santapan restoran.

 

Terdapat juga makanan untuk anak kecil di beberapa restoran, sesuai dengan filosofi bahwa anak kecil sama pentingnya dengan ibu dan ayahnya!

 

7. Raffles Long Bar  

Sekarang semua orang dapat mencoba Singapore Sling, gratis dari bandara. Mitra ikon Singapura Raffles Hotel akan menyediakan minuman terkenal untuk seluruh pengunjung Bandara Changi, Raffles Long Bar terletak di lantai tertinggi kompleks Wine & Spirits di tengah gerbang transit Terminal 3.

 

Minuman menarik lainnya juga terdapat di menu untuk dapat dipesan. Berdekatan dengan Long Bar adalah butik wine & spirits ternama yang menunjukkan warisan budaya melalui produk terbaiknya.

 

Jika anda beruntung, anda dapat berkenalan secara langsung dengan ahli minuman, pembuat minuman dan brand ambassador untuk dapat memiliki wawasan mengenai minuman favorit anda.

 

8. Kolam Renang Rooftop

Mungkin merupakan satu-satunya kolam renang di bagian atap bandara di dunia, ya di kolam renang Bandara Changi. Kolam renang ini terletak di sebelah Aerotel Transit Hotel, Terminal 1 dan sangat populer bagi penumpang pesawat dari negara lain.

 

Lihat: 5 Perusahaan Yang Diboikot Singapura Gara-Gara Asap

 

Ketika warga Singapura ingin tahu apa menjadikannya spesial, kami menemukan penumpang pesawat, terutama dari Eropa yang datang saat musim dingin, sangat suka dapat bersantai di kolam renang, sebelum melanjutkan perjalanan.

 

Kolam Renang di Changi Airport

 

Dengan fasilitas kamar mandi yang lengkap dan pemandangan indah ke area landasan di ujung kolam renang, membuatnya menjadi tempat dapat dikunjungi mengisi waktu luang di Bandara Changi. Jadi ingatlah untuk selalu membawa baju renang setiap bepergian ke Bandara Changi!

 

9. Bioskop 24 Jam


Mengapa harus menunggu sampai di pesawat untuk dapat menonton film yang anda lewatkan? Anda dapat melakukannya di Changi Airport sambil menunggu jadwal penerbangan anda.

 

Dibangun seperti asli, bioskop di Terminal 3 tidak dilengkapi dengan alarm untuk mengingatkan Anda akan jadwal penerbangan, tetapi menyediakan jam digital berukuran besar di sebelah layar besar sebagai referensi penerbang.

 

Bioskop di Changi Airport Singapura

 

Lorong bioskop juga sangat lebar membuat pengunjung mudah meletakkan troli di depan kursi, tidak harus meninggalkannya di belakang. Terdapat bioskop yang lebih kecil di Terminal 2.

 

Bioskop dibuka 24 jam sehari, dengan film-film diputar terus-menerus. Jadwal penayangan film dapat dilihat di website Bandara Changi.

 

10. Layanan Kecantikan Terlengkap di Bandara

Penerbang dapat dimanjakan dengan rangkaian layanan kecantikan di Bandara Changi, seperti memotong rambut, facial, pijat, nikmati tata rias muka gratis dan bahkan mani-pedi, semua sebelum melakukan penerbangan.

 

Spa Khusus Perempuan di Changi Airport

 

Jika anda hanya memiliki waktu untuk berhenti di satu tempat, jangan lupa untuk mengunjungi lantai atas kompleks gerai Shilla Duty Free di Terminal 3, di mana anda dapat menikmati facial massage di salon SKII, atau dapatkan sesi tata rias gratis dari Dior, dengan ahli tata rias yang telah memiliki pengalaman di dunia runway akan dengan senang membuat anda terlihat lebih cantik, dan juga membagikan tips dan triknya! (Elizabeth Swanti)

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline