18 Orang Terbakar Hidup-hidup dalam Kecelakaan Bus di Pakistan

Kondisi-bus-usai-kecelakaan-di-pkistan.jpg
(Foto: Mykola Komarovskyy/Shutterstock via kumparan)

RIAU ONLINE - Sebanyak 18 orang terbakar hidup-hidup hingga tewas dalam kecelakaan antara bus dan mobil pengangkut bahan bakar di daerah Pindi Bhattian, Provinsi Punjab, Pakistan.

Melansir dari kumparanAFP melaporkan bahwa musibah ini terjadi saat bus menabrak mobil van pengangkut bahan bakar solar dan bensin di jalan tol di dekat Pindi Bhattian, Minggu, 20 Agustus 2023, sekitar pukul 04.30 pagi waktu setempat. Tabrakan itu kemudian memicu kobaran api dan melalap area sekitarnya.

"Dalam waktu lima menit, seluruh bus dilalap api. Delapan belas orang terbakar hidup-hidup, sementara 16 orang lainnya terluka, empat di antaranya kritis," kata pejabat polisi senior, Fahad Ahmed.


"Sepertinya pengemudi bus mengantuk," sambung dia.

Kecelakaan lalu lintas bukanlah hal yang jarang terjadi di Asia Selatan ini. Pemicu utamanya antara lain jalanan tidak yang layak dilintasi, pengawasan keamanan berkendara yang rendah, dan pengemudi ugal-ugalan.

Selain itu, kondisi bus penumpang sering penuh sesak oleh penumpang tanpa menggunakan sabuk pengaman. Hal ini menjadi satu dari faktor penyebab tingginya angka kematian akibat kecelakaan tunggal yang cukup sering terjadi.

Sebelumnya, sedikitnya 40 orang tewas usai sebuah bus penumpang terjun ke jurang dari jembatan di Pakistan dan terbakar pada Januari 2023 lalu.