Kapal Karam, 11 Nelayan Indonesia Terdampar di Pulau Terpencil Australia

Ilustrasi-kapal-terbalik.jpg
(Foto: Pixabay via kumparan)

RIAU ONLINE - Sebanyak 11 orang nelayan Indonesia terdampar di Pulau Bedwell, Rowley Shoals, Western Australia, setelah kapal yang mereka tumpangi karam.

“Kapal mereka karam karena Siklon Tropis Ilsa,” kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha, dikutip dari Suara.com.

Kini, mereka telah diselamatkan oleh otoritas setempat pada 17 April 2023. Menurut informasi yang diterima Konsulat RI di Darwin dari Markas Pasukan Perbatasan Australia (ABF), para nelayan itu telah menjalani pemeriksaan kesehatan di sebuah rumah sakit di Broome, yang berada di 313 km di timur Bedwell.


“Konsulat RI Darwin telah meminta akses untuk menemui para nelayan dan memberikan bantuan yang diperlukan. Konsulat RI juga akan memfasilitasi proses repatriasi para nelayan ke Indonesia,” tutur Judha.

Mewakili pemerintah RI, Judha menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Australia khususnya ABF, Otoritas Keselamatan Maritim Australia (AMSA), dan Otoritas Pengelolaan Perikanan Australia (AFMA) yang telah membantu menyelamatkan para nelayan Indonesia.