Donald Trump Bakal Nyapres Lagi di Pilpres AS 2024, Segera Mulai Kampanye

Jokowi-dan-Trump.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE - Donald Trump, mantan Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik, mengumumkan bakal kembali maju di Pilpres AS 2024 sejak tahun lalu. Trum akan berkampanye untuk pertama kalinya pada 28 Januari mendatang di Negara Bagian California.

Rencananya, Trump akan memperkenalkan tim kampanye di Gedung State House. Dua politikus dari Partai Republik yang terkenal, Senator AS, Lindsey Graham; dan Gubernur Carolina Selatan, Henry McMaster, juga akan bergabung bersama Trump.

California Selatan memang punya pengaruh sangat besar sebagai salah satu bagian negara bagian pertama yang mengadakan pencalonan presiden. Kemenangan Trump di Carolina Selatan pada 2016 memperkuat statusnya sebagai kandidat terdepan dari Partai Republik.

Sementara itu, Presiden AS, Joe Biden, pada 2020 telah membuat titik balik penting saat memenangkan pemilihan umum primer di California Selatan yang kini dipimpin McMaster itu. Partai Demokrat yang menaungi Biden memasukkan California Selatan dalam daftar target pemenangan di Pemilu AS 2024 mendatang.


Tentunya ini menjadi tantangan bagi Partai Republik yang harus mempertahankan tiga negara bagian yang jadi prioritas pemenangan mereka, yakni Iowa, New Hampshire, dan Carolina Selatan.

Trump pertama kali mendeklarasikan pencalonan dirinya di kediaman mewahnya di Mar-a-Lago, Florida, pada 15 November.

Pria 76 tahun ini menghadapi dua saingan dalam pencalonan presiden 2024 dari Partai Republik. Mereka adalah mantan Gubernur Carolina Selatan, Nikki Haley, dan Senator AS, Tim Scott.

"Kebangkitan Amerika sudah dimulai saat ini," kata Trump dari laman AFP, sebagaimana melansir kumparan, Rabu, 18 Januari 2023.