Bos Mafia Italia Dibekuk Usai 30 Tahun Buron

Matteo-Messina-Denaro.jpg
(Alessandro Fucarini/AP PHOTO via kumparan)

RIAU ONLINE - Matteo Messina Denaro, bos mafia paling dicari di Italia, akhirnya ditangkap setelah 30 tahun atau 3 dekade menjadi buronan.

Denaro dibekuk di sebuah klinik pribadinya di Palmero, Sisilia, pada Senin, 16 Januari 2023, waktu setempat. Polisi Italia Carabinieri lantas menggiring pria berusia 60 tahun itu digiring ke lokasi rahasia.

Denaro yang dikenal sebagai Cosa Nostra selama ini dianggap sebagai salah satu pentolan bos mafia Sisilia.

Dia berperan dalam serangkaian pembunuhan, termasuk pembunuhan jaksa anti mafia Giovanni Falcone dan Paolo Bosellino pada 1992 silam. Atas perbuatannya Denaro pun divonis hukuman penjara seumur hidup dalam persidangan yang berlangsung secaa absentia.

Persidangan in absentia merupakan peradilan suatu perkara tanpa kehadiran pihak tergugat dalam perkara perdata dan tata usaha negara atau pihak terdakwa dalam perkara pidana.


Denaro juga dijatuhi hukuman seumur hidup karena berperan dalam serangan bom pada 1993 di Florence, Roma, dan Milan, yang menewaskan 10 orang, sebagaimana dilansir dari Suara.com, Selasa, 17 Januari 2023.

Perdana Menteri Italia, Giorgio Meloni, bahkan menyebut penangkapan Denaro sebagai suatu kemenangan besar negaranya atas mafia.

“Sebuah kemenangan besar bagi negara yang tidak pernah menyerah di hadapan para mafia. Setelah peningkatan penangkapan Toto Riina, pelaku kejahatan terorganisir lainnya, Matteo Messina Denaro, diadili,” kata Meloni dalam cuitan di akun Twitter miliknya.

“Pencegahan dan pemberantasan kejahatan mafia akan terus menjadi prioritas mutlak pemerintahan ini," katanya.

Denaro merupakan pemimpin terakhir Cosa Nostra yang telah menjadi buron sejak 1993. Namun, jaksa penuntut anti mafia meyakini bahwa dia masih bisa memberikan perintah dari berbagai lokasi rahasia.