Akuarium Silinder Terbesar di Dunia Meledak, 1.500 Ikan Mati Bertebaran di Jalan

AquaDom-pecah.jpg
(Twitter @tim_jbo/@lararimmer via Suara.com)

RIAU ONLINE - AquaDom, sebuah akuarium terbesar di dunia yang berada di Berlin, Jerman, meledak pada Jumat, 16 Desember 2022. Sebanyak 1 juta liter air yang berisikan sekitar 1.500 ikan eksotis, serta puing-puing tumpah dan bertebaran di jalan utama distrik Mitte yang sibuk.

Setidaknya ada 100 responden darurat bergegas ke lokasi yang merupakan kompleks rekreasi tempat menampung hotel Radisson dan museum, serta akuarium silinder terbesar di dunia dengan ketinggian 14 meter itu.

"Rasanya seperti gempa," kata Naz Masraff, yang menginap di hotel tersebut sebagaimana diwartakan Reuters, dikutip dari Suara.com, Senin, 19 Desember 2022.

"Seluruh akuarium pecah dan yang tersisa adalah kehancuran total. Banyak ikan mati, puing-puing," katanya.

Juru bicara Union Investment, yang mengelola dana real estat pemilik properti itu menyebut bahwa 1.500 ikan dari akuarium itu mati.

Upaya sedang dilakukan untuk menyelamatkan ikan dari beberapa tangki kecil yang berada di dekat AquaDom dan yang lolos dari kehancuran tetapi mengalami pemadaman listrik di gedung tersebut, katanya.

Seorang juru bicara pemadam kebakaran kepada Reuters mengatakan, bahwa masih belum jelas apa yang menyebabkan akuarium AquaDom meledak.


Beruntung kecelakaan itu terjadi pagi-pagi sekali, ketika hampir tidak ada orang di sekitarnya, kata Wali Kota Berlin Franziska Giffey.

"Jika ini tidak terjadi pada pukul 5.45 pagi tetapi bahkan hanya satu jam kemudian, maka kita mungkin akan kehilangan banyak orang untuk dilaporkan," kata penyiar RBB mengutip pernyataan Giffey.

Dua orang, termasuk seorang karyawan hotel, terluka oleh pecahan kaca, dan layanan darurat meminta sekitar 350 tamu hotel untuk mengemasi barang-barang mereka dan pergi di tengah kekhawatiran akan adanya kerusakan struktural.

Bus dikirim untuk menyediakan tempat berlindung bagi para tamu hotel, kata polisi, karena suhu di luar Berlin pada pagi hari berkisar -7 derajat Celcius (19,4 ° F).

Radisson memberi tahu anggota klub loyalitas Radisson Rewards melalui email bahwa Radisson Collection Hotel Berlin ditutup hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Dalam sebuah pernyataan, Sea Life Berlin mengatakan bahwa timnya terkejut dengan insiden tersebut dan berusaha mendapatkan lebih banyak informasi dari pemilik AquaDom tentang penyebab insiden itu.

Perusahaan, yang telah menawarkan wahana lift kaca melalui akuarium AquaDom, mengatakan akan tetap tutup hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Layanan darurat menutup jalan utama di sebelah kompleks yang mengarah dari Alexanderplatz menuju Gerbang Brandenburg karena banyaknya air yang membanjiri gedung.

Akuarium terakhir diperbaharui pada tahun 2020, menurut situs kompleks DomAquaree. Selama pekerjaan peningkatan, semua air dikeringkan dari tangki dan ikan dipindahkan ke akuarium di ruang bawah tanah gedung, di mana terdapat fasilitas pemeliharaan ikan, katanya.