Anwar Ibrahim Menang di Pemilu Sela Malaysia

Petronas.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE, KUALA LUMPUR - Anwar Ibrahim (71) akhirnya bisa kembali lagi ke panggung politik Malaysia. Ia berhasil memenangi suara mayoritas pemilu sela di Port Dickson.

Seperti dilansir dari AFP, Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR) tersebut mendapatkan lebih dari 71 persen suara untuk membawanya kembali ke parlemen Malaysia. Atau sebanyak 31.016 suara.

"Saya bahagia dengan hasil ini. Allah memberkati kita semua," ujar pria yang sempat dibui akibat dakwaan kasus sodomi untuk kedua kalinya pada 2014 silam.

Seperti diberitakan Antara, Anwar akan dilantik pada hari ini, Senin 15 Oktober 2018. Hal itu pun sudah dikonfirmasi juru bicara parlemen, Datuk Mohammad Ariff Md Yusoff.

"Saya mengucapkan selamat kepada Datuk Seri Anwar Ibrahim yang telah memenangi Pilihanraya Kecil P132 Port Dickson. Keberhasilan Datuk Seri Anwar memperoleh mandat rakyat dengan mayoritas yang lebih besar dalam Pemilu kecil ini membuktikan dukungan pemilih kepada Pakatan Harapan terus kukuh," ujar Presiden Partai Pribumi Bersatu Malaysia, Tan Sri Dato Hj Muhyiddin Hj Mohd Yassin.

Menurut Muhyiddin, terpilihnya Anwar menjadi anggota Dewan Rakyat akan memperkuat koalisi Pakatan Harapan yang berada di bawah kepemimpinan Mahatir Mohamad.

Pada Mei lalu Mahatir bersama koalisi itu menang spektakuler pada pemilihan umum. Mahathir menjadi Perdana Menteri Malaysia menggantikan Najib Razak sekaligus mengakhiri 61 tahun pemerintahan koalisi Barisan Nasional.


Anwar sendiri tidak ikut dalam kontes pemilihan umum karena dia masih menjalani hukuman penjara sejak 2015 karena dakwaan perbuatan sodomi. Anwar yang telah bebas dari penjara lalu mengikuti pemilu sela di Port Dickson pekan lalu setelah anggota sebelumnya mengundurkan diri.

Dalam pemilu sela di Port Dickson itu ada tujuh kandidat termasuk Anwar. Salah satu dari saingan Anwar adalah mantan ajudannya yang menuding dirinya atas kasus sodomi, Mohd Saiful Bukhari Azlan.

Saiful merupakan orang yang menjebloskan Anwar ke penjara pada 2008 silam. Dia mengklaim bahwa dirinya adalah korbansodomi Anwar di sebuah kondominium di Bukit Damansara, Kuala Lumpur.

Sementara itu, terkait pelantikannya pada hari ini, Anwar kemarin mengatakan dirinya akan fokus membantu pimpinan di parlemen agar tercapai reformasi secara efektif.

"Saya yakin, saya akan pula mendapatkan dukungan penuh dari para kolega saya," kata Anwar dikutip dari situs berita Malaysia, The Star.

Anwar mengatakan dirinya langsung menelepon Mahathir ketika sudah dinyatakan sebagai pemenang dalam pemilu akhir pekan lalu.

"Dr Mahathir sangat senang ketika mendengarkan hasil itu, dan saya berterima kasih sekali atas dukungan dan bantuannya, bersama dengan kepemimpinan Partai Pribumi Bersatu Malaysia, DAP, PKR, dan Amanah," ujar Anwar.

Tulisan ini sudah tayang di CNN Indonesia dengan judul "Menang Pemilu, Anwar Ibrahim Selangkah Lagi Jadi PM Malaysia"

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id