Ini Sosok Menteri Termuda di Malaysia, Usianya Baru 25 Tahun

Syed-Saddiq-Abdul-Rahman.jpg
(SCMP)

RIAUONLINE, KUALA LUMPUR - Saat ini memang eranya anak muda, dimana bermunculan sosok-sosok hebat di usia muda.

Salah satunya adalah Syed Saddiq Syed Abdul Rahman (25), yang dilantik menjadi menteri termuda di Malaysia. Pemuda kelahiran6 Desember 2018 ini dilantik sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga dalam kabinet Mahathir Mohamad pada Senin, 2 Juli 2018.

Lahir di Johor dari keluarga kelas menengah, Saddiq mulai dilihat sebagai pembicara ulung. Ia menjadi perbincangan ketika menolak UMNO dan memilih "pecahannya", Partai Pribumi Bersatu Malaysia yang merupakan bagian dari koalisi Pakatan Harapan.

Ia juga menolak kesempatan bea siswa S-3 ke Oxford untuk bertarung dalam perebutan kursi parlemen di Muar, negara bagian Johor.

Muar, yang awalnya dianggap sebagai basis kuat UMNO, ternyata bisa ditaklukkan Saddiq yang meraup 6.953 suara.

Namun, jika ditilik lebih jauh, peran pemuda ini di politik Malaysia justru jauh lebih dalam. Saddiq membantu para politisi senior lebih terhubung dan mudah disentuh konstituen mereka.

Saddiq pun hampir selalu terlihat bersama Mahathir baik dalam berbagai kesempatan. Seperti jumpa pers atau berbagai unggahan di media sosial.

Dengan lebih dari 987.000 "followers" akun Instagram-nya, Saddiq juga berperan menjadi pengelola siaran langsung tanya jawab dengan Mahathir lewat Facebook, yang banyak menarik perhatian para pemuda negeri itu.

Belajar dari pengalaman sang ayah, Saddiq juga mengangkat buruknya kondisi kerja 400.000 warga Johor di Singapura.

Hubungan antara Mahathir dan Saddiq amat jelas. Dalam sebuah video berdurasi 29 menit yang diunggah ke YouTube awal tahun ini, keduanya mendiskusikan keuntungan para pemuda Malaysia jika bisa berbahasa Inggris dengan baik.

Di satu momen, Syed Saddiq menyebut Mahathir sebagai "Cikgu Mahathir", sebuah julukan yang tak banyak orang berani menggunakannya.

Anak bungsu dari empat bersaudara itu merupakan lulusan hukum dari International Islamic University dan baru-baru ini menolak tawaran kedua dari Universitas Oxford
Syed juga aktif dalam komunitas debat sebelum memasuki politik praktis. Ia sebelumnya telah memenangkan penghargaan sebagai pembicara terbaik Asia di Asian British Parliamentary (ABP) Debating Championship sebanyak tiga kali.

Pebulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei, mengatakan, menantikan penunjukan Menteri Olahraga baru yang diharapkan bisa mengadopsi pendekatan secara langsung kepada para olahragawan di negara itu.

"Ini embusan udara segar. Mantan Menteri Khairy melakukan pekerjaan yang hebat. Saya yakin menteri yang baru akan melakukan pekerjaan yang baik juga," ujar Lee. (bbs)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id