Permen 'Bohlam' yang Viral Ini Ternyata Bisa Berbahaya!

Permen-Bohlam.jpg
(SUARA.COM)

RIAU ONLINE - Sebuah permen berbentuk bohlam dengan diameter 6 cm, tengah digandrungi oleh masyarakat Cina.

Dilansir dari laman SUARA.COM pada Rabu 3 Januari 2018, tren ini dimulai sejak sinetron bertajuk Emergency Medicine Specialist, yang menampilkan satu episode di mana seorang lelaki harus dirawat dengan kondisi bohlam berada di dalam mulut.

Diceritakan dalam skenario, lelaki tersebut penasaran dengan rasa bohlam dan mencoba memakannya.

Dari situ kemudian muncul ide membuat hadiah unik berupa permen berbentuk bola lampu dan dijual secara online. Tak disangka, permen bohlam menjadi populer dan banyak dipesan olah kalangan muda-mudi Cina.

Salah seorang pedagang permen bohlam yang menjajakan produknya lewat marketplace, Taobao mengatakan telah menerima 1.026 pesanan dalam sebulan. Permen tersebut memiliki berat 200 gram yang dijual 39 Yuan atau lebih dari Rp80 ribu.


Meski populer, bukan berarti permen bohlam tidak menimbulkan kontroversi. Seorang selebriti dunia maya asal Cina, Xu Fanchi bahkan mengunggah sebuah video dimana ia kesulitan mengeluarkan permen tersebut dari mulut. Setelah lima menit dan meleleh, permen karamel baru bisa lepas dari mulutnya.

Masalah tersendak juga jadi perhatian khusus seorang dokter dari Rumah Sakit Persahabatan Cina-Jepang di Beijing, Bi Qingyun. Menurutnya permen tersebut dapat menyebabkan lebih banyak risiko kesehatan dari yang dibayangkan.

"Jika permen tetap berada di dalam mulut lebih dari satu jam, sendi rahang bawah bisa terkilir. Lidah juga bisa membengkak, karena tekanan jangka panjang. Itu bisa menyebabkan tersedak dan berakibat fatal," kata Bi seperti kutip dari AsiaOne.

Bi menyarankan agar masyarakat tidak memasukkan permen sekaligus ke dalam mulut. "Jangan mengambil risiko karena rasa ingin tahu," tutupnya.(2)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id