Fakta Menarik Dibalik Kemenangan Jack Miller di MotoGP Belanda

Miller-di-Podium.jpg
(MOTOGP.COM)

RIAU ONLINE - Sejak pertama kali bergabung di Kejuaraan Dunia pertengahan musim 2011, pebalap Estrella Galicia Marc VDS, Jack Miller terkenal dengan kemampuannya menaklukkan arena basah.

 

Jack Miller berhasil meraih podium pertama di MotoGP Belanda setelah mengalahkan pebalap Repsol Honda, Marc Marquez di Sirkuit Assen, Minggu, 26 Juni 2016.

 

Kemenangan pebalap Australia itu menciptakan sejumlah fakta menarik. Untuk pertama kalinya sejak kemenangan terakhir Stoner di Phillip Islam pada 2012 lalu, akhirnya lagu kebangsaan Australia kembali bergema di MotoGP.

 

Miller tidak hanya berhasil mengembalikan Australia ke podium teratas, tetapi Miller juga menjadi pebalap satelit pertama yang memenangkan balapan setelah Toni Elias dari tim Portugas pada 2006 silam.

BACA JUGA: Luar Biasa Jack Miller, dari Posisi 19 Raih Podium Singkirkan Marquez

 


"Saya tidak sering mengatakan ini tapi saya kehilangan kata-kata. Saya merasa sangat emosional sekarang dan sulit untuk menggambarkan sensasi kemenangan pertama kalinya di MotoGP," kata Miller mengutip dari laman resmi MotoGP, Senin, 27 Juni 2016.

 

Sementara, pebalap veteran Valentino Rossi harus menelan kekecewaan setelah terjatuh di tikungan 10 dan menjadi insiden kedua baginya saat balapan paruh kedua berjalan dua lap.

 

Dengan demikian, untuk ketiga kalinya pada musim ini Rossi meraih DNF (did not finish) atau gagal menyelesaikan balapan. Sebelumnya, The Doctor gagal finish di GP Austria dan saat menjadi tuan rumah di GP Italia.

KLIK JUGA: Siapa Jack Miller, Sang Juara MotoGP Sirkuit Assen

 

Fakta menarik lainnya, untuk pertama kalinya sejak GP San Marino musim lalu, tidak ada sosok Rossi dan Jorge Lorenzo di atas podium MotoGP. Pada GP San Marino musim lalu, Rossi berada di peringkat kelima, semetara Lorenzo gagal finish.

 

Diwarnai hujan deras, balapan Sirkuit Assen tersebut hanya menyisakan 13 pebalap yang berhasil finish.

 

Simak berita MotoGP lainnya dengan klik di sini.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follo