Valentino Rossi Tak Sabar Melatih Dua Pebalap Indonesia

Valentino-Rossi-Juara-di-Jerez-Spanyol.jpg
(FACEBOOK/VALENTINO ROSSI VR46 OFFICIAL)

RIAU ONLINE - Pebalap Movistar Yamaha Valentino Rossi sudah tidak sabar melatih lima murid barunya asal Asia. Dua diantaranya berasal dari Indonesia.

 

Dua pembalap Indonesia memang mendapatkan kesempatan untuk menjadi murid Valentino Rossi dalam sebuah program yang digagas Yamaha dan VR46 Academy.

 

Sejatinya,Rossi masih aktif menjalani profesi sebagai pembalap MotoGP. Artinya, ia hampir tak memiliki waktu luang selain mempersiapkan diri untuk setiap balapan. Meski begitu,Rossi tetap menunjukkan kepeduliannya terhadap perkembangan bakat-bakat pembalap muda.

 

Buktinya, VR46 Academy miliknya menjalin kemitraan dengan Yamaha yang berdurasi tiga tahun. Salah satu program dari kerja sama mereka adalah menciptakan proyek The Master Camp. Tujuannya adalah membantu bakat-bakat muda untuk mengembangkan karier balapnya.


 

Total, ada lima pembalap Asia yang mendapatkan kesempatan istimewa tersebut. Peerapong Loiboonpeng (Thailand), Soichiro Minamimoto (Jepang), Kasma Daniel Bin Kasmayudin (Malaysia) dan dua pembalap Indonesia, Galang Hendra Pratama dan Imanuel Putra Pratna.

 

Proses pemilihan dilakukan berdasarkan klasemen di AP250, usia, dan faktor lain. Kelima pembalap muda itu akan melakukan perjalanan ke kampung halaman Rossi di Italia pada 4-8 Juli 2016.

 

"Membawa orang-orang dari akademi untuk pelatihan benar-benar bagus. Ini langkah besar untuk membantu bakat-bakat muda. Saya pun lebih bahagia ketika berpikir mengenai awal edisi pertama Master Camp yang tinggal beberapa pekan lagi," tutur Rossi seperti dikutip Crash.net. Sebagaimana dilansir dari laman Liputan6.com

 

Kurikulum yang rencananya digunakan dalam Master Camp adalah pelajaran yang diberikan Rossi dan instruktur VR46 Academy mengenai dirt track, balapan di sirkuit, dan pemantapan mental. Soal tunggangan, kelima pembalap muda tersebut akan menjajal YZF-R3dan YZ250F untuk latihan di sirkuit permanen dan dirt track di Motoranch.

 

"Yamaha dan VR46 memiliki tujuan yang sama, yakni membantu talenta muda mencapai karier terbaik di ajang balap motor," kata Rossi.