Serang Pipa Minyak, 'The Avangers' Dibekuk Militer Nigeria

Ilustrasi-Kilang-Minyak.jpg
(REUTERS/Axel Schmidt)

 

RIAU ONLINE - Pasukan Militer Nigeria menangkap kelompok militan yang bertanggung jawab atas penyerangan pipa minyak yang berada di wilayah Delta pada Senin (16/5/2016).

 

Kelompok militan tersebut menamai diri mereka sebagai 'Niger Delta Avengers'. Tak banyak yang mengetahui tentang kelompok radikal baru ini.

 

Serangan mereka telah membuat produksi minyak Nigeria mendekati level terendah dan jika kekerasan meningkat menjadi pemberontakan di wilayah lain bergejolak, maka produksi minyak di negara itu terancam menghadapi krisis ekonomi.

 

Dilansir dari Reuters, kekerasan di Negeria telah meningkat tajam tahun ini, sebagian besar diklaim oleh 'Avengers'.

 

The 'Avengers' telah melakukan serangkaian serangan sejak Februari aygn mengurangi produksi minyak Nigeria menjadi 1.65 juta barel per hari, dari 2,2 juta di awal tahun ini. Setidaknya 300.000 barel per hari output, menutup dua kilang minyak dan terminal ekspor utama.

 

Menurut juru bicara militer Nigeria Rabe Abubakar, mereka yang ditangkap adalah para militan The Avengers yang menyerang fasilitas minyak Chevron. Namun militer tidak menyebut jumlah militan yang ditahan.

 

Sementara pihak berwenang mengaku tidak memiliki informasi terkait kelompok tiu yang menjelaskan jumlah, kepemimpinan, dan tempat berbasis mereka di Nigeria.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline