Inggris Waspadai Serangan Besar ISIS

Pejuang-Syiah.jpg
(REUTERS)

RIAU ONLINE - Polisi inggris tengah mewaspadai serangan 'besar dan spektakuler' dari kelompok militan ISIS di Inggris.

 

Asisten Komisaris Polisi Metropolitan London, Mark Rowley mengatakan setelah teror Paris yang menewaskan 130 orang lalu, ISIS telah berpindah 'fokus pada polisi dan militer yang merupakan simbol negara, bahkan untuk sesuatu yang jauh lebih luas lagi.'

 

"Anda melihat sebuah kelompok teroris yang memiliki ambisi besar untuk serangan besar dan spektakuler, bukan hanya jenis teror yang berhasil digagalkan sampai saat ini," ujar Rowley, seperti dikutip dari CNN.

BACA JUGA: Amerika Bakal Lawan ISIS Lewat Dunia Maya

 

Menurutnya ISIS mengaku bertanggung jawab atas pemboman yang menyebabkan jatuhnya Metrojet Penerbangan 9268 milik Rusia dan menewaskan 224 penumpang dan kru.


 

Rowley menyebukan perlunya penyidik untuk mencegah serangan teroris seperti ledakan yang terjadi baru-baru ini di sebuah pesawat penumpang Somalia yang tengah terbang di Afrika Timur.

 

Tersangka pelaku juga ikut tewas saat bom meledak diluar pesawat dan lainnya mengalami luka-luka. Dalam serangan itu kelompok jihad Al-Shabaab bertanggung jawab.

KLIK JUGA : Laskar Pemberontak Rebut Kawasan Perbatasan Suriah-Irak dari Tangan ISIS

 

ISIS merupakan sebuah kelompok teror Sunni yang mengendalikan wilayah Suriah dan Irak serta telah menyatakan kekhalifahan Islam tersebut.

 

Sementara itu, tingkat ancaman saat ini untuk terorisme internasional di Inggris tetap parah, yang berarti serangan 'sangat mungkin' terjadi.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline