Sah, Indra Resmi Dilantik Jadi Pj Sekdaprov Riau

Pelantikan-Indra7.jpg
(Dok. Pemprov Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pj Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto secara langsung melantik Indra sebagai Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau. Pelantikan tersebut berlangsung di Gedung Balai Serindit, Kota Pekanbaru, Selasa, 19 Maret 2024.

Hal ini sudah sesuai berdasarkan surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 100.2.2.6/1282 SC tanggal 14 Maret 2024 tentang persetujuan pengangkatan dan pelantikan Sekretaris Daerah Provinsi Riau. Sebelumnya, Indra merupakan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Riau.

Dikatakan Pj Gubri SF Hariyanto, bahwa posisi Sekdaprov saat ini mengalami kekosongan lantaran masa transisi. Dengan begitu penting adanya pengangkatan penjabat Sekretaris Daerah tentu saja untuk membantu menjalankan tugas-tugas pemerintahan secara maksimal.

Pelantikan IndraFoto: Dok. Pemprov Riau

“Sesuai peraturan ketika saya Sekretaris Daerah mendapatkan penugasan dari bapak presiden untuk menjadi Pj Gubernur pengangkatan Pj Sekretaris Daerah sangat diperlukan. Untuk membantu tugas-tugas yang bisa dilakukan dengan maksimal,” katanya.

Pelantikan Indra2Foto: Dok. Pemprov Riau

Dijelaskan, jabatan Pj Sekdaprov memiliki kewenangan untuk mengharmonikan serta mendukung implementasi kebijakan pembangunan yang ditetapkan oleh kepala daerah. Oleh karena itu sebagai jembatan komunikasi antara eksekutif dan legislatif, Pj Sekretaris Daerah diharapkan mampu membangun hubungan kerja yang solid dengan perangkat daerah dan stakeholder lainnya.

Pelantikan Indra3Foto: Dok. Pemprov Riau


“Jabatan pejabat Sekretaris daerah memiliki tugas yang sangat penting dalam mengharmonikan serta mendorong implementasi kebijakan pembangunan yang digariskan oleh Gubernur selaku kepala daerah sebagai jembatan komunikasi antara eksekutif dan legislatif. Membina hubungan kerja dengan perangkat daerah dan stakeholder lainnya,” jelasnya.

Pelantikan Indra6Foto: Dok. Pemprov Riau

Diungkapkan, Pj Sekretaris Daerah sebenarnya merupakan motor penggerak bagi pemerintah daerah, yang memainkan peran dalam menjalankan roda pemerintahan. Dengan begitu, ke depannya Pj Sekretaris Daerah dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan maksimal sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Pelantikan Indra4Foto: Dok. Pemprov Riau

“Sehingga layaknya dikatakan bahwa sesungguhnya penjabat Sekretaris Daerah merupakan motor penggerak bagi pemerintah daerah. Oleh karena itu saya berharap agar saudara Pj Sekretaris Daerah untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan maksimal sesuai tugas pokok dan fungsinya,” ungkapnya.

Pelantikan Indra5Foto: Dok. Pemprov Riau

Tak hanya itu saja, SF Hariyanto mengajak kepada Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memberikan dukungan penuh terhadap segala program yang dilaksanakan dalam rangka mencapai tujuan bersama, yaitu menyelenggarakan pemerintahan yang efektif dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Provinsi Riau. 

Pelantikan indra8Foto: Dok. Pemprov Riau

Dirinya tegaskan, Kepala OPD diminta untuk berperan aktif dalam menyukseskan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2024, yang menjadi momentum penting dalam proses demokrasi di daerah.

Pelantikan indra9Foto: Dok. Pemprov Riau

“Serta kepada kepala OPD agar pendukung penuh segala program yang dilakukan dalam rangka mencapai tujuan bersama. Untuk mempersembahkan kesejahteraan bagi masyarakat provinsi Riau dan menyukseskan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2024,” pungkasnya.Galeri Foto Pemprov Riau)