Galeri Foto: Gubernur Riau Resmikan Mall Vaksinasi Pertama di Indonesia

Syamsuar473.jpg
(Istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar, meresmikan Mall Vaksinasi dan Imunisasi di Gedung Arsip, Dinas Kesehatan (Dinkes) Riau, Jalan Melur, Pekanbaru. Mall Vaksinasi dan Imunisasi ini menjadi yang pertama di Indonesia.

Turut pula hadir dalam peresmian tersebut Plt Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan Yudhi Pramono, Kepala Dinkes Riau, Zainal Arifin, dan tamu undangan lainnya.

 

Syamsuar478

(Foto: Istimewa)

 

Setelah diresmikan, Mall Vaksinasi dan Imunisasi akan beroperasi setiap hari mulai pukul 10.00 WIB sampai 22.00 WIB. Masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin, dapat mendatangi Mall Vaksinasi dan Imunisasi dengan membawa KTP atau melakukan pendaftaran secara online atau barcode lebih dulu.

 

Syamsuar474

(Foto: Istimewa)

 

Mall Vaksinasi dan Imunisai melayani 500-600 dosis vaksinasi per hari. Selain itu, adapula layanan imunisasi untuk anak, mulai dari polio, campak, rubella, BCG, dan lain sebagainya.

 

Syamsuar483

(Foto: Istimewa)

 

Atas diresmikan Mall Vaksinasi dan Imunisasi ini, Syamsuar mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam mewujudkan fasilitas layanan masyarakat tersebut. Syamsuar berharap, Mall Vaksinasi ini dapat meningkatkan jumlah vaksinasi sesuai target pemerintah di Provinsi Riau.

 

Syamsuar480


(Foto: Istimewa)

 

"Mudah-mudahan dengan hadirnya Mall Vaksinasi COVID-19 di Kota Pekanbaru bisa hadir pula di kabupaten/kota lainnya, bisa di Kampar, Tembilahan, Dumai dan lainnya. Semuanya adalah untuk memberikan pelayanan yang baik (vaksinasi) kepada masyarakat," harapnya, Kamis, 11 Agustus 2022.

 

Syamsuar475

(Foto: Istimewa)

 

Sementara itu, Kepala Dinkes Riau, Zainal Arifin, mengatakan Mall Vaksinasi dan Imunisasi dibangun atas arahan Gubernur Riau. Sehingga, layanan vaksinasi bagi masyarakat dapat diberikan secara maksimal dan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan vaksin.

 

Syamsuar482

Foto: Istimewa

 

Sebelumnya, Dinkes Riau bekerjsama dengan Dinkes Kota Pekanbaru untuk membuka rumah vaksin 24 jam di Kota Pekanbaru selama Ramadan dan 10 hari saat Syawal lalu.

 

Syamsuar484

(Istimewa)

 

Rumah vaksinasi tersebut mampu meningkatkan kunjungan warga yang ingin divaksin, bahkan hingga malam. Per harinya, rumah vaksin ketika itu melayani 400-500 orang.

 

Syamsuar479

(Foto: Istimewa)

 

Tingginya tingkat kunjungan masyarakat untuk mendapatkan vaksin di rumah vaksinasi 24 jam, juga mendasari dibangunnya Mall Vaksinasi dan Imunisasi. Ditambah lagi, adanya masukan dari praktisi kesehatan masyarakat.

 

Syamsuar477

(Istimewa)

 

"Dengan berkonsultasi dengan Gubernur Riau Syamsuar dan masih tingginya animo masyarakat untuk divaksin, kami merasa perlu dibuka mall vaksinasi yang akan melayani masyarakat untuk divaksin," ungkapnya.

 

Syamsuar481

(Foto: Istimewa)

 

Peresmian Mall Vaksinasi dan Imunisasi ditandai dengan pemotongan pita serta tumpeng. Selain itu, diberikan pula penghargaan sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada mitra yang telah berkontribusi.

Sejumlah mitra yang ikut membantu terwujudnya Mall Vaksinasi dan Imunisasi sebagai satu-satunya mal pusat pelayanan vaksinasi dan imunisasi di Indonesia, yakni UNICEF, Rumah Sakit Awal Bros, Aulia Hospital, Rumah Sakit Syafira, Rumah Sakit Prima, Rumah Sakit Santa Maria, Eka Hospital, Kimia Farma, BPJS Kesehatan, Relawan COVID-19, Smile, BRI, PTPN V, dan PT PHR. (Galeri Foto Pemprov Riau)