Head to Head Kiper Timnas, Siapa yang Bertugas Adang Gempuran Messi Cs

Argentina2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Timnas Indonesia akan menghadapi Timnas Argentina pada bulan Juni 2023. Menghadapi laga penting tersebut, Timnas Indonesia telah memanggil tiga kiper yang sedang menonjol.

Nantnya akan ada penilaian yang perlu dilakukan untuk menentukan siapa yang paling layak mengisi pos penjaga gawang dalam pertandingan tersebut.

Pertama, kita perlu melihat performa masing-masing kiper dalam beberapa pertandingan terakhir mereka. Aspek-aspek yang perlu dinilai antara lain kemampuan menahan tendangan, refleks, pengaturan pertahanan, dan distribusi bola.

Selain itu, kita juga harus mempertimbangkan pengalaman dan kestabilan mental kiper dalam menghadapi pertandingan besar. Pertandingan melawan Argentina tentunya akan menjadi tantangan yang berat, dan kemampuan kiper untuk tetap tenang dan fokus dalam situasi tersebut sangat penting.

Terakhir, peran pelatih dalam memilih kiper yang tepat juga harus dipertimbangkan. Pelatih akan mempertimbangkan faktor-faktor di atas serta melihat bagaimana kiper tersebut beradaptasi dengan strategi dan taktik yang ingin diterapkan dalam pertandingan.

Dengan mempertimbangkan semua faktor tersebut, penentuan kiper yang layak mengisi pos penjaga gawang dalam pertandingan melawan Argentina adalah keputusan yang akan diambil oleh pelatih Timnas Indonesia. Keputusan tersebut akan didasarkan pada evaluasi menyeluruh terhadap kemampuan, pengalaman, dan kestabilan mental kiper-kiper yang dipanggil.

Jelang duel ini, baik kubu Timnas Indonesia dan Argentina telah memanggil para pemain yang akan dimainkan untuk duel ini.

Argentina selaku juara Piala Dunia 2022, tak main-main dalam menghadapi laga ini dengan membawa para pemain terbaiknya.

Para pemain terbaik yang dibawa pun utamanya berposisi sebagai penyerang, seperti nama Lionel Messi, Angel Di Maria, Julian Alvarez, Alejandro Garnacho, dan Giovanni Simeone.

Nama Messi menjadi salah satu nama yang dinantikan, mengingat statusnya sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang masa.


Pemain berjuluk La Pulga itu punya kemampuan mencetak gol dan menciptakan assist yang mumpuni, sehingga menjadi momok bagi lini pertahanan dan kiper lawan.

Jelang laga melawan Argentina ini, Shin Tae-yong pun memanggil tiga kiper yang tengah moncer untuk menghadapi barisan depan tim berjuluk La Albiceleste itu, termasuk Messi.

Tiga kiper tersebut adalah Syahrul Trisna, Ernando Ari, dan Reza Arya. Ketiganya tengah naik daun berkat performanya sepanjang tahun 2023 ini di level klub dan tim nasional.

Dari ketiga kiper ini, siapa yang kira-kira pantas menjadi starter dan menjaga gawang Timnas Indonesia kala menghadapi Argentina?

Kiper Utama Kontra Argentina

Untuk menimbang siapa yang paling cocok mengisi pos penjaga gawang Timnas Indonesia kala melawan Argentina, maka bisa melihat catatan dari ketiga kiper tersebut, terutama di ajang Liga 1.

Di ajang Liga 1 2022-2023 lalu, ketiga kiper ini menjadi andalan bagi klubnya. Syahrul Trisna bagi Persikabo 1973, Ernando Ari bagi Persebaya Surabaya, dan Reza Arya bagi PSM Makassar.

Jika indikator yang digunakan adalah catatan Clean Sheet, maka Reza Arya pantas mengisi pos penjaga gawang Timnas Indonesia di laga kontra Argentina.

Dilansir dari laman Lapangbola (1/6/23), Reza Arya tercatat mampu mencetak 14 Clean Sheets dari 33 laga, unggul atas Ernando Ari (5 Clean Sheets dari 21 laga) dan Syahrul Trisna (2 Clean Sheets dari 19 laga).

Tapi, catatan Clean Sheets ini bukan hanya kerja dari kiper saja, melainkan usaha dari barisan bek di depannya serta sistem pertahanan yang dipakai masing-masing klub.

Sehingga, untuk menentukan kiper yang layak tampil di laga kontra Argentian bisa dilihat dari jumlah Saves atau penyelematan yang dibuat.

Untuk indikator ini, Reza Arya masih unggul dengan total 86 Saves dari 33 laga, ketimbang Ernando Ari (77 Saves dari 21 laga) dan Syahrul Trisna (56 Saves dari 19 laga).

Tapi untuk rasio penyelamatan per 90 menit, Ernando Ari menjadi yang terdepan dengan membuat 3,67 Saves per 90 menit, unggul atas Syahrul Trisna (3,06 Saves per 90 menit) dan Reza Arya (2,61 Saves per 90 menit).

Meski Reza Arya dan Ernando Ari unggul dari statistik, kemungkinan besar Syahrul Trisna yang akan menjadi andalan di bawah mistar Timnas Indonesia kala melawan Argentina.

Pasalnya, kiper berusia 27 tahun itu telah membuktikan diri sebagai penjaga gawang top di FIFA Matchday Maret 2023 lalu kala melawan Burundi.

Apalagi Syahrul Trisna terbilang senior ketimbang Reza Arya dan Ernando Ari serta kaya pengalaman bersama Timnas Indonesia di bawah arahan Shin Tae-yong.

Dengan pertimbangan di atas, besar kemungkinan Syahrul Trisna akan dimainkan di laga kontra Argentina guna membendung Lionel Messi cs dikutip dari suara.com