Mantan Pelatih Semen Padang FC Syafrianto Rusli Meninggal Dunia

Syafrianto-Rusli-semen-padang.jpg
(Instagram/@syafriantorusli)

RIAU ONLINE, PADANG - Kabar duka datang dari dunia sepak bola tanah air. Mantan pelatih Tim Semen Padang FC, Syafrianto Rusli, meninggal dunia pada Kamis, 18 Mei 2023.

Kabar duka ini turut diunggah oleh akun Instagram @skosumbarseapkbola.

"Inalillahi wainailahi rojiun. Keluarga besa Sko Sumbar turut berduka cita atas berpulangnya Coach SYAFRIANTO RUSLI. Terima kasih banyak Coach SR dedikasi untuk Sepakbola Sumbar dan Indonesia. Semoga amal ibadah almarhum diterima disisi Allah SWT. amiin ya rabbal alamin," demikian keterangan dalam unggahan tersebut.

Chief Executive Officer (CEO) Semen Padang Football Club (SPFC), Win Bernadino, mengatakan Syafrianto meninggal dunia akibat kanker laringeal atau gangguan pita suara yang dideritanya. Win menyebut, Syafrianto sempat menjalani perawatan di rumah sakit.

"Kondisi kesehatannya terus menurun dan dinyatakan wafat,” kata Win dikutip dari Radarsumbar.com.

Win menyebut kediaman Syafrianto Rusli berada di Perumahan Darma Fanda, Rimbo Data, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang. Menurutnya, almarhum akan dimakamkan di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Namun, belum dapat dipastikan waktu pemakaman akan dilakukan.


Win memastikan dirinya bersama sejumlah jajaran serta petinggi Semen Padang FC akan hadir di kediaman Syafrianto Rusli untuk memberikan penghormatan terakhir.

"Jasa beliau sangat banyak bagi persepakbolaan tanah air, khususnya Semen Padang FC,” tuturnya.

Syafrianto Rusli lahir pada 11 Maret 1962. Ia merupakan pemain gelandang Semen Padang FC di era Galatama. Ia bahkan menyandang ban kapten di klub yang berbasis di Bukit Indarung, Sumbar tersebut.

Bersama Nil Maizar, Wellyansyah, Delfi Adri, dan pemain lainnya, ia ikut mengantarkan Semen Padang FC menjuarai Piala Galatama setelah mengalahkan Arema Malang di partai final yang diadakan di Surabaya pada 27 Juli 1992.

Semen Padang FC kemudian berhasil mewakili Indonesia di Piala Winner Asia dan sempat melaju ke babak kedua.

Setelah tak lagi aktif di lapangan hijau, Syafrianto Rusli kemudian menjadi pelatih sepak bola dan futsal Indonesia.

Tak hanya Semen Padang FC, sebelumnya Syafrianto Rusli pernah menjadi pelatih PSPS Pekanbaru, PSP Padang, dan klub lainnya.