Pelatih Persija Semprot TC Shin Tae-yong: Pemain Butuh Kompetisi bukan Latihan

Thomas-Doll4.jpg
([dok. Persija])

RIAU ONLINE, JAKARTA-Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll sebel dengan Training Center Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong untuk Piala Asia U-20 2023.

Thomas menganggap TC tidak bagus untuk perkembangan tim. Di tambah banyak skuad Persija yang diambil untuk ikut dalam bagian skuad garuda muda.

TC Shin Tae-yong ini digelar untuk Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan, 1 hingga 18 Maret mendatang.

Shin Tae-yong dan PSSI telah merilis 30 nama pemain yang dipanggil untuk menjalani training camp (TC) Timnas Indonesia U-20 pada 1-18 Februari mendatang.

Dari 30 nama yang dipanggil, sembilan pemain berasal dari Persija Jakarta yang membuat tim berjuluk Macan Kemayoran itu menjadi klub yang paling banyak menyumbangkan penggawanya ke Timnas Indonesia U-20.

Para pemain Persija yang dipanggil adalah Achmad Maulana Syarif, Alfriyanto Nico Saputro, Cahya Supriadi, Doni Tri Pamungkas, Frengky Deaner Missa, Ginanjar Wahyu Ramadhani, Muhammad Ferarri, Resa Aditya Nugraha, dan Barnabas Sobor.

Kekinian Thomas Doll akan mengadu ke PSSI soal protesnya itu. Berikut ini 5 fakta kekesalan Thomas Doll dengan TC Shin Tae-yong:


1. Timnas U-20 Harus Rasakan Kompetisi bukan Sekadar Latihan

Menurut Thomas Doll, TC yang digelar Shin Tae-yong tidak perlu dilakukan untuk jangka panjang.

Thomas Doll mengatakan hal ini karena beberapa pemainnya dipinjam untuk melakukan TC. Sementara BRI Liga 1 terus berlanjut.

"Di sini saya tidak bicara sebagai manajer Persija karena harusnya pemain U-20 itu tampil di Liga 1, mereka berlatih bersama Yusuf [Helal], Hanno [Behrens], [Ondrej] Kudela, [Michael] Krmencik. Saat bermain mereka berkompetisi melawan Ilija Spasojevic, Ciro Alves, jadi ada sebuah kompetisi. Itu adalah level yang sangat bagus karena mereka akan tampil di hadapan 40 ribu penonton," kata Doll dalam jumpa pers jelang melawan Rans Nusantara.


"Ini kompetisi bukan latihan saja, karena TC itu cuma latihan, latihan, latihan, latihan tapi tak ada rasa kompetisinya. Februari mereka harus TC [Piala Asia U-20] terus saat Piala Dunia U-20 harus TC lagi, jadi pulang balik, tapi mereka tak merasakan sama sekali sebuah kompetisi."

2. Cara Sepak Bola Eropa Latih Timnas U-20

TC yang dilakukan Shin Tae-yong tidak akan terlalu berdampak pada kondisi pemain. Sebaliknya, pemain perlu sering berkompetisi dalam pertandingan sebenarnya.

Terlebih Shin Tae-yong pinjam pemain sana sini dari klub. Ini juga dinilai akan menghambat klub yang berlaga di BRI Liga 1 Indonesia, tak terkecuali Persija.

Thomas Doll pun membandingkan dengan apa yang dilakukan dengan sepak bola di Eropa. Pemain U-20 di sana bahkan diberi waktu untuk ikut bermain dengan tim senior.

"Kalau di Eropa izin mau ada turnamen bisa tidak pemain U-20 diberi waktu tampil di liga utama di tim senior. Saya mau yang terbaik juga buat sepakbola Indonesia," kata Thomas Doll dalam jumpa pers jelang pertandingan Persija vs Rans Nusantara FC.

"Pemain U-20 itu butuh kompetisi. Saya merasa STY enggak paham soal ini."

3. TC Shin Tae-yong Tak Membuat Timnas Indonesia U-20 Tidak Bagus

Thomas Doll menilai TC Shin Tae-yong untuk Piala Asia U-20 2023 tidak membuat Timnas Indonesia U-20 lebih bagus. Thomas Doll mengkritik habis-habisan TC Timnas Indonesia U-20 yang dianggap kurang jam terbang untuk bertanding.

Menurut Thomas Doll, TC yang digelar Shin Tae-yong tidak perlu dilakukan untuk jangka panjang.

Thomas Doll mengatakan hal ini karena beberapa pemainnya dipinjam untuk melakukan TC. Sementara BRI Liga 1 terus berlanjut.

Banyak pemain Persija Jakarta yang diambil untuk ikut dalam TC Shin Tae-yong. Menurut Thomas Doll, hal itu sangat mengganggu.

"Tapi kalau kondisi seperti ini akan susah, saya tanya ke teman-teman wartawan kenapa masalah TC ini nggak ada yang nanya? Apakah bagus buat pemain U-20 atau nggak? Saya merasa ini nggak bagus," kata Thomas Doll.

4. Thomas Doll Minta Keringanan ke PSSI

Thomas Doll mengatakan pasti akan meminjamkan pemain U-20 Macan Kemayoran ke Shin Tae-yong untuk TC Timnas Indonesia U-20. Hanya saja Persija akan meminta keringanan ke PSSI.

Thomas Doll akan meminjamkan pemain jika TC dilakukan di Jakarta.

Menurut Thomas Doll, mereka tidak perlu sering latihan karena sudah sering bertanding.

"Pasti kami akan kirim, tapi Karena TC ini di Jakarta saya mau minta kalau bisa dipinjam pemain kalau akan bermain di Jakarta," kata Thomas Doll dalam jumpa pers.

Thomas Doll juga menjelaskan jika mereka sering mengikuti TC dengan durasi panjang, ini tidak akan baik untuk perkembangan pemain.

"Saya menekankan ini enggak bagus buat perkembangan U-20 jadi saya akan bicara lagi dengan federasi agar dikasih keringanan," jelasnya dikutip dari suara.com