Timnas Indonesia Diyakini Menang Mudah Melawan Kamboja, Ini 3 Alasannya

Pemain-Timnas-Indonesia18.jpg

RIAU ONLINE, JAKARTA-Timnas Indonesia akan melawan Timnas Kamboja di laga perdana Grup A Piala AFF 2022. Indonesia diyakini mampu meraih kemenangan dengan skor yang telak.

Laga antara Timnas Indonesia melawan Kamboja ini bakal berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Jumat (23/12/2022), 16.30 WIB.

Laga ini memang menjadi aksi pertama tim Garuda setelah sebelumnya harus menanti perjuangan lawannya pada matchday pertama.

Menghadapi laga ini, skuad besutan Shin Tae-yong memiliki sejumlah modal berharga untuk bisa meraup tiga poin sekaligus membenamkan Kamboja dengan skor yang telak.

Setidaknya, ada beberapa alasan yang mendasari prediksi ini. Sebagian besar alasannya berkisar mengenai faktor-faktor non-teknis.

Berikut Suara.com menyajikan tiga alasan yang membuat Timnas Indonesia bisa meraih kemenangan dengan skor besar atas Kamboja pada laga pertamanya di Grup A Piala AFF 2022.


1. Rekor Pertemuan Impresif

Rekor pertemuan antara Timnas Indonesia kontra Kamboja memang sangat timpang. Sepanjang sejarah pertemuannya di Piala AFF, keduanya sudah berjumpa lima kali.


Dari semua laga itu pula, tim Garuda juga selalu berhasil meraup kemenangan. Bahkan, tak jarang Indonesia bisa menang dengan skor yang telak atas Kamboja.

Pada Piala AFF 2004, misalnya, Indonesia sempat menang dengan skor 8-0. Adapun empat tahun setelahnya, Garuda kembali menang 4-0 atas Pasukan Angkor.

Catatan pertemuan ini memang memperlihatkan bahwa tim Garuda lebih superior ketimbang Kamboja yang selama ini hanya menjadi penggembira di kawasan Asia Tenggara.

2. Dukungan Suporter di SUGBK

Setelah menunggu sekian lama, Timnas Indonesia akhirnya mendapat kesempatan untuk kembali berkandang di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Tentu saja, stadion bersejarah ini bakal menjadi saksi perjuangan tim Merah Putih menghadapi Piala AFF 2022. Tuah ini juga masih ditambah kehadiran suporter setia Timnas Indonesia.

Dukungan suporter diyakini bakal menjadi salah satu pembeda antara Indonesia kontra Kamboja pada laga ini.

Bukan tidak mungkin, tim lawan bakal mendapatkan tekanan luar biasa dari kehadiran pendukung fanatik Timnas Indonesia di SUGBK.

3. Kamboja Kelelahan

Pelatih Timnas Kamboja, Ryu Hirose, sempat mengutarakan bahwa anak asuhnya dalam kondisi yang tak maksimal karena kelelahan. Faktor kebugaran ini tak bisa dipulihkan secara maksimal.

Sebab, Pasukan Angkor juga harus melakoni perjalanan panjang untuk bertandang ke markas Garuda. Hal inilah yang bisa membuat timnya mati kutu.

“Kami baru sampai kemarin (21/12/2022). Selain itu, kami juga tak bisa melahap banyak latihan. Tim ini juga mengalami kelelahan. Semoga pemain kami optimal untuk laga melawan Timnas Indonesia besok,” ujar Ryu Hirose dikutip dari suara.com