´╗┐

Jalan Terjal Messi Rengkuh Trofi Piala Dunia 2022, Argentina Dicukur Arab Saudi 1-2

Timnas-Arab-Saudi.jpg
(twitter.com/FIFAWorldCup)

RIAU ONLINE, DOHA-Jalan terjal Messi rengkuh trofi Piala Dunia 2022, Argentina dicukur Arab Saudi 1-2.Timnas Argentina dipermalukan Timnas Arab Saudi dengan skor 1-2 di Stadion Ikonik Lusail, Qatar, Selasa (22/11/2022) petang WIB.

Timnas Argentina hanya bikin gol lewat Lionel Messi di babak pertama, itu pun lewat penalti. Arab Saudi sendiri secara mengejutkan mampu menciptakan dua gol balasan di babak kedua.

Dengan kekalahan mengejutkan nan memalukan ini, rekor unbeaten alias tak terkalahkan Argentina yang sudah berlangsung di 36 pertandingan pun akhirnya patah.

Kekalahan ini juga jadi warning buat Argentina terkait kans kelolosan mereka dari Grup C, grup yang juga dihuni Polandia dan Meksiko ini.

Albiceleste --julukan Timnas Argentina-- saat ini terpuruk di dasar klasemen Grup C dengan nirpoin dan selisih gol -1, sementara Arab Saudi memimpin klasemen sementara dengan poin 3.

Jalannya Pertandingan

Babak pertama di Lusail, Timnas Argentina langsung tancap gas untuk mendapatkan gol pertama. Laga baru berjalan delapan menit, Argentina sudah mendapatkan penalti setelah Leandro Paredes ditarik di kotak penalti Arab Saudi dalam situasi sepak pojok.

Lionel Messi yang maju sebagai eksekutor pun menunaikan tugasnya dengan sempurna. La Pulga mengirim bola ke kanan bawah gawang Arab Saudi kawalan kiper Mohammed Al-Owais.

Setelah itu, Argentina kian gencar menggempur Arab Saudi. Akan tetapi, Salman Al Faraj dan kolega memberikan perlawanan alot, terutama dengan taktik garis pertahanan tinggi yang terbukti benar-benar membuat Argentina kesulitan.


Menit ke-22, Messi dengan tenang menyarangkan bola ke gawang Arab Saudi. Akan tetapi setelah tinjauan VAR, gol penyerang 35 tahun itu dianulir lantaran offside.

Menit ke-28, giliran gol Lautaro Martinez yang dianulir VAR karena offside. Taktik high line Arab Saudi terbukti sangat jitu di laga ini menghadapi penyerang-penyerang berkualitas milik Argentina.

Kesialan Argentina belum berakhir. Menit ke-34, gol Lautaro kembali digagalkan offside dan VAR setelah menerima umpan manis dari Papu Gomez.

Sampai waktu normal berakhir, termasuk lima menit injury time, Argentina masih terus dibuat kerepotan oleh taktik defensif Arab Saudi ini.

Skor 1-0 untuk keunggulan Argentina tak berubah sampai half-time.

Masuk babak kedua, menit ke-47, Saleh Al Shehri membuat para suporternya bergemuruh usai penyerang andalan Arab Saudi itu menjebol gawang Argentina yang dijaga kiper Emiliano Martinez.

Setelah mengecoh Cristian Romero, Al Shehri dengan tenang melepaskan bola ke pojok kanan gawang Argentina. 1-1!

Menit ke-52, petaka menghampiri Argentina kala Salem Al Dawsari mencatatkan namanya di papan skor. Sepakan melengkung cantik winger 31 tahun itu bersarang di pojok kanan atas gawang Argentina.

Menit ke-63, ancaman datang dari Lautaro setelah menerima sodoran dari Nicolas Otamendi. Sayang sepakan penyerang Inter Milan itu berhasil diblok dengan gemilang oleh kiper Al Owais.


Setelah itu, Argentina terus menggempur pertahanan Arab Saudi namun kerap kali menemui jalan buntu dikutip dari suara.com

Di injury time, sebuah sundulan pemain pengganti Julian Alvarez meluncur deras ke gawang setelah memenangi duel udara dengan kiper Al Owais, namun bek Al Amri melakukan halauan tepat di garis gawang. Off the line!

Sampai laga rampung, Arab Saudi mengamankan kemenangan bersejarah mereka dengan skor 2-1!

Susunan Pemain:

Timnas Argentina XI (4-3-3): Emiliano Martinez; Nahuel Molina, Cristian Romero, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico; Rodrigo De Paul, Leandro Paredes, Alejandro Gomez; Lionel Messi (capt), Lautaro Martinez, Angel Di Maria.

Timnas Arab Saudi XI (4-3-3): Mohammed Al-Owais; Saud Abdulhamid, Hassan Al-Tambakti, Ali Al-Bulayhi, Yasser Al-Shahrani; Mohamed Kanno, Abdulelah Al-Malki, Salman Al-Faraj (capt); Salem Al-Dawsari, Firas Al-Brikan, Saleh Al-Shehri.